Muara Teweh Expos55.com Maskapai  Wings Air buka rute penerbangan  Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang dijadwalkan terbang perdana pada 22  November 2021.

“Pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya telah menggelar rapat persiapan terbang perdana yang direncanakan pada Senin (22/11),” kata Kepala Dinas Perhubungan Barito Utara Fery Kusmiadi di Muara Teweh, Jumat.

Penerbangan pesawat tersebut nantinya melayani rute dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ke Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh pulang pergi setiap Senin, Rabu dan Jumat, dengan tarif sekitar Rp758.200 menggunakan pesawat  jenis ATR 72-600.

“Pemerintah daerah dan maskapai telah melakukan kerja sama menggunakan sistem block seat, di mana kursi kosong akan ditanggung dan menjadi beban Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan ini bukan subsidi yang akan berakhir 31 Desember 2021,” kata dia.

Menurut Fery, memang rencana terbang perdana ini telah dijadwalkan pada Juli 2021, namun karena diberlakukannnya PPKM darurat Jawa dan Bali, sehingga ditunda.

“Kita harapkan penerbangan ini bisa terealisasi sehingga dapat membantu masyarakat untuk bepergian ke luar daerah menggunakan transportasi udara,” kata Fery.

Kepala Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh, Endang Setiawan menyampaikan apresiasinya kepada pihak-pihak terkait yang telah bersama-sama melakukan koordinasi dalam rencana penerbangan perdana ini.

“Dengan terlaksananya rapat ini saya berharap persiapan rencana terbang perdana pesawat dari grup PT Lion Air ini  nantinya dapat terlaksana sesuai dengan apa yang telah disepakati bersama, dan mudah-mudahan ke depan kebutuhan masyarakat terhadap penerbangan ke luar daerah dapat terpenuhi khususnya ke Kota Banjarmasin,” ujar Endang.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian setempat Mochamad Ikhsan menyatakan siap mendukung dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas nantinya baik melalui spanduk, baliho, media sosial resmi kepemerintahan dan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Batara FM nantinya.

“Kami melalui dinas Kominfosandi siap mendukung sosialisasi nantinya melalui fasilitas yang kami miliki, agar masyarakat Barito Utara mendapatkan informasi yang valid terutama masalah informasi penerbangan kepada masyarakat,” Kata Ikhsan.

Bupati Barito Utara Nadalsyah mengapresiasi kepada seluruh pihak-pihak terkait baik pemerintah daerah, Kementerian Perhubungan dan pihak terkait lainnya yang telah membantu menyukseskan perencanaan pelaksanaan rencana penerbangan perdana Wings Air ke Bandara Haji Muhammad Sidik.

Kerja sama ini, kata dia, merupakan langkah pemkab dalam rangka mengembangkan sarana transportasi udara bagi masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Barito Utara agar dapat tumbuh dan berkembang dalam kemajuan perekonomian dan kepariwisataan di daerah ini.

“Dengan kerja sama ini, diharapkan konektivitas penerbangan menuju dan dari Muara Teweh dapat meningkatkan kemajuan kabupaten dengan julukan  Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini,” kata  Nadalsyah.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here