Muara Teweh Expos55.com Maskapai  Wings Air buka rute penerbangan  Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang dijadwalkan terbang perdana pada 21 Juli 2021.

“Penerbangan perdana semula akan dilaksanakan perdana pada  12 Juli 2021, namun karena diberlakukannnya PPKM darurat Jawa dan Bali, sehingga ditunda sampai  Rabu (21/7),” kata Area Manager Lion Air Group Kalselteng Agung Purnama  di Muara Teweh, Selasa.

Keberadaan Agung di Muara Teweh dalam rangka menerima dokumen perjanjian kerja sama Pemerintah Kabupaten Barito Utara dengan PT Wings Abadi yang diserahkan langsung oleh Bupati setempat Nadalsyah.

“Sehubungan konektivitas penerbangan, maka pihaknya menunggu PPKM selesai. Semoga pada  21 Juli jadwal bisa berjalan lancar,” tambah Agung.

Kepala Dinas Perhubungan Barito Utara Fery Kusmiadi menjelaskan hasil pembicaraan dengan Direktur Utama Wing Air, kalau dilaksanakan penerbangan tanggal 12 – 20 Juli tidak terkoneksi dengan pesawat lain.

“Pesawat besar saat ini sedang grounding, jadi terpaksa kita tunda penerbangan rute Muara Teweh-Banjarmasin,” kata Fery.

Dia mengatakan Wings Air membuka kerja sama penerbangan  Muara Teweh – Banjarmasin ini dengan tarif sekitar Rp758.200 dengan pesawat  jenis ATR 72-600.

“Kerja sama ini menggunakan sistem block seat, dimana kursi kosong akan ditanggung dan menjadi beban Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan ini bukan subsidi,” kata dia.

Kontrak kerja sama yang berlaku dimulai sejak tanggal 12 Juli hingga 31 Desember 2021, dengan membuka penerbangan dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin – Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh dan sebaliknya setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat.

“Waktu keberangkatan dari Banjarmasin – Muara Teweh pukul 10.00 WITA, sedangkan dari Muara Teweh – Banjarmasin pukul 10.35 WIB,” jelas dia.

Bupati Barito Utara Nadalsyah menyampaikan bahwa kerja sama yang dilakukan dengan PT Wings Abadi merupakan langkah pemkab dalam rangka mengembangkan sarana transportasi udara bagi masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Barito Utara agar dapat tumbuh dan berkembang dalam kemajuan perekonomian dan kepariwisataan di daerah ini.

“Dengan kerja sama ini, diharapkan konektivitas penerbangan menuju dan dari Muara Teweh dapat meningkatkan kemajuan kabupaten dengan julukan  Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini,” kata  Nadalsyah.

(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here