Palangka Raya, expos55.com Belanda, menjadi salah satu destinasi negara favorit pelajar Indonesia yang ingin studi ke Eropa. Selain kualitas pendidikan yang tinggi, Negeri Kincir ini memiliki lingkungan multikultural yang membuat pelajar dari berbagai negara nyaman belajar di sana.

Belanda juga terbukti menjadi salah satu negara yang paling inovatif dan kompetitif di dunia. Guna mempermudah akses informasi dan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di Belanda, maka Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Euroweek Indonesia mengadakan webinar internasional dengan tajuk ‘Study Abroad? Go For It!’ edisi studi ke Belanda.

Webinar ini dilaksanakan melalui virtual Zoom Meeting. Webinar ini merupakan edisi keempat dari rangkaian webinar international menghadirkan narasumber dari berbagai negara yang sebelumnya sudah menghadirkan USA dan Mexico.

NUFFIC NESO, organisasi resmi yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Budaya dan Sains Belanda serta Kementerian Luar Negeri Belanda untuk menjadi perwakilan Belanda di Indonesia dalam bidang pendidikan, hadir dalam webinar ini sebagai narasumber bersama Skaiste Slavenaite, former international student di Saxion University of applied sciences.

Plt Kepala Dispursip Kalteng, Luqman Alhakim dalam sambutannya menyampaikan bahwa sumber daya manusia yang berdaya saing global sangat diperhitungkan saat ini.

Dia menyebut kegiatan ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri dan meningkatkan pemahaman masyarakat.

“Kami sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini dan menantikan kolaborasi lainnya di masa yang akan datang” tuturnya, Sabtu (28/08/21).

Sementara itu, Tito, Plt Kasie Kurikulum dan Penilaian SMA mewakili Plt Kepala Disdik Kalteng mengharapkan dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menambah semangat masyarakat dari berbagai kalangan untuk melanjutkan studinya ke luar negeri.

“Kami sangat mengapresiasi seluruh rangkaian kegiatan ini. Kegiatan seperti ini membuka kesempatan untuk studi ke luar negeri, sehingga masyarakat semakin melek akan informasi semacam ini” ucapnya dalam webinar yang dimulai pukul 20.00 WIB.

Fennisya Veronicka, Koordinator Euroweek Indonesia menjelaskan webinar internasional yang diinisiasi oleh Euroweek School of Leaders Indonesia ini semata-mata untuk menyediakan informasi dan membuka kesempatan bagi masyarakat yang tertarik untuk melanjutkan studinya ke luar negeri dengan harapan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya edukasi hingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas unggul.

Sebagai salah satu platform penyedia informasi edukasi, dalam webinar yang diikuti lebih dari 50 peserta ini, NUFFIC NESO melalui M. Maulana Malik sebagai Education Promotion Officer NUFFIC NESO membagikan informasi mengenai studi di negara Belanda, mulai dari jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, biaya yang diperlukan, kesempatan apa yang bisa diperoleh, hingga tips dan trik melanjutkan studi ke Belanda.

Maulana menjelaskan melanjutkan studi ke Belanda tidaklah mudah dan memiliki persaingan yang ketat, namun everything is possible. Just do it and go for it.

Kegiatan berlangsung hingga pukul 22.00 WIB dan peserta antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan. Terlihat dari banyaknya pertanyaan dalam room chat maupun yang menyampaikan langsung kepada narasumber.

Diakhir kegiatan, peserta memberikan tanggapan dan berharap kegiatan semacam ini dapat terus terlaksana, sehingga menghasilkan orang-orang dengan wawasan yang luas dan membuka kesempatan kepada pemuda atau mahasiswa Indonesia untuk dapat melanjutkan studi di luar negeri dan membawa semua ilmunya untuk memajukan bangsa Indonesia yang lebih baik.

 

(MC Isen Mulang/wln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here