Palangka Raya Expos55.com Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Anna Agustina Elsye mengingatkan masyarakat, terutama mereka yang terdampak banjir diwilayah kota setempat untuk selalu waspada terhadap potensi penyebaran penyakit.

“Hal-hal yang mengganggu kesehatan daya tahan tubuh manusia kerap terjadi saat lingkungan rumah terdampak banjir. Ini mesti diwaspadai,”tuturnya, Minggu (21/11/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan, biasanya penyakit yang muncul saat terjadi banjir adalah batuk, pilek, flu dan infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA, serta penyakit saluran pencernaan seperti diare dan muntaber.

Maka dari itu kata dia, masyarakat Kota Palangka Raya diingatkan harus benar-benar menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

“Jaga kondisi tubuh dengan perbanyak makan vitamin untuk meningkatkan daya imun tubuh,”ujarnya.

Terpisah Siska Friskila, petugas kesehatan Puskesmas Pahandut yang bertugas di posko Pelabuhan Rambang, Kelurahan Pahandut mengungkapkan sejumlah warga yang mengungsi akibat banjir, mulai mengalami penyakit gatal-gatal hingga flu ringan.

“Warga disini kebanyakan mengeluh gatal-gatal, flu, dan batuk karena mereka sebelumnya beraktivitas di air,”bebernya.

Meski begitu imbuh Siska, sampai saat ini belum ada warga yang mengeluh sakit parah. Namun untuk antisipasinya tim kesehatan telah menyediakan kesiapan penangan lebih cepat bila sewaktu-waktu diperlukan. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here