Expos55.com Palangka Raya – Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah, dalam beberapa hari belakangan ini menjadi sorotan.

Menurut Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, kondisi banjir yang terjadi di sejumlah wilayah tetangga di Provinsi Kalteng tersebut, harus disikapi. Terutama
mewaspadai potensi terjadinya hal serupa di wilayah Kota Palangka Raya.

Maka dari itu kata dia, Pemerintah Kota Palangka Raya harus mewaspadai potensi banjir, serta mempunyai solusi dalam pencegahan penanganan menghadapi banjir.

Politikus PDI Perjuangan ini mencontohkan, kawasan di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kota Palangka Raya.dimana pemerintah setempat melalui instansi terkaitnya seperti BPBD, harus memantau secara intens kondisi debit air. Mengingat kawasan DAS termasuk berpotensi rawan terjadinya banjir.

“Begitupun halnya Dinas Sosial9 agar dapat bersinergi. Terutama untuk memikirkan kedepannya cara mengatasi dampak bila terjadi banjir,”jelasnya, Sabtu (4/9/2021).

Intinya tambah Sigit, instansi teknis di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya harus dapat melakukan kesiapan dini
apabila kedepannya banjir melanda di wilayah Palangka Raya. Sebut saja kesiapan dalam melakukan evakuasi untuk engamanan dan keselamatan
masyarakat.

“Pada dasarnya, ada kesiapan dalam menghadapi dampak terburuk ataupun dampak sosial manakala musibah terjadi,”tandasnya. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here