Kuala Kapuas Expos55.com Pasca Lebaran pelayanan kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, dipadati oleh warga.

“Setelah Lebaran kami buka pada Senin (9/5) lalu, manusianya membludak dan sampai saat ini masih terus dipenuhi warga,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Kapuas Sipi S. Bungai di Kuala Kapuas, Rabu.

Dikatakannya, keramaian ini karena pasca libur panjang Lebaran banyak warga yang ingin mengurus dokumen kependudukan, baik itu Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e), Akta Kelahiran (AK) maupun lainnya.

Yang paling banyak warga datang, yakni peserta calon kepala desa (kades) yang akan mengurus kelengkapan administrasi dokumen sebagai salah satu persyaratan mengikuti pelaksanaan pilkades serentak sebanyak 155 desa di Kapuas.

“Selain dari calon kades yang banyak mengurus administrasinya, dari kalangan pemuda juga banyak hingga saat ini ingin mengurus perekaman KTP-e baru karena usia mereka sudah 17 tahun,” katanya.

Sejak dibuka pasca libur panjang Lebaran, dan hingga saat ini, warga Kapuas yang datang mengurus administrasi dokumen kependudukan ke Kantor Disdukcapil setempat, rata-rata setiap harinya 100 hingga 200 orang.

“Kalau hari-hari biasanya sebelum kita libur panjang Lebaran, kita hanya menerima sedikit, paling banyak 50 orang saja,” jelasnya.

Sementara itu, Syeh Rhza Candra Perdana, salah seorang warga Kota Kuala Kapuas, yang mengurus Akta Kelahiran anaknya menyampaikan apresiasinya terhadap pelayanan Disdukcapil Kapuas.

“Pelayanan di sini sangat luar biasa, kita datang langsung dilayani, dan langsung terbit dalam satu hari ini juga, tanpa dipungut biaya satu rupiah pun,” katanya.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here