Palangka Raya Expos55.com Dalam rangka penutupan rangkaian acara Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Kalimantan Tengah Tahun 2022, Pemerintah Provinsi Kalimantan menggelar acara Mangenta massal yang diikuti oleh 1.043 peserta, berlangsung di Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Minggu (22/5/2022).

Kegiatan Mangenta massal tersebut disambut antusias oleh warga Kota Cantik Palangka Raya. Hal tersebut terlihat dari banyaknya warga yang datang di Bundaran Besar untuk menyaksikannya.

Agau salah seorang warga mengatakan kepada awak media center dirinya mengaku sangat antusias menyaksikan acara tersebut karena kegiatan semacam ini sangat langka dan baru kali ini ada kegiatan Mangenta massal diselenggarakan.

“Saya sangat senang dengan adanya acara-acara seperti ini. Terimakasih untuk pemerintah yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Melalui even ini, tradisi Mangenta lebih dikenal banyak orang sebagai kekayaan tradisi masyarakat suku Dayak,” kata Agau.

Selain itu, dirinya meminta kepada pemerintah pusat ataupun daerah agar bisa menggelar acara-acara semacam ini secara berkelanjutan demi menggali serta melestarikan budaya-budaya warisan nenek moyang yang menjadi ciri khas suku Dayak.

“Saya berharap kepada pemerintah pusat maupun daerah agar selalu menampilkan warisan budaya budaya lokal seperti ini. Tidak hanya Mangenta, namun banyak lagi kearifan lokal budaya lain khas suku Dayak yang harus ditampilkan demi menjaga kelestariannya dan keberadaannya sehingga tidak punah seiring kemajuan jaman,” tutupnya.
(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here