Kuala Pembuang Expos55.com anggota DPRD Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah Denni Rahmahdani meminta kepada Dinas Perikanan setempat agar bisa memberikan bantuan berupa bibit dan pakan ikan kepada masyarakat di Desa Sembuluh I.

“Permintaan bantuan bibit dan pakan ikan tersebut disampaikan langsung oleh masyarakat setempat saat kami melakukan reses di desa tersebut,” kata Denni di Kuala Pembuang, Minggu.

Menurut dia, bibit dan pakan ikan sangat diperlukan warga desa setempat, apalagi Desa Sembuluh I ini merupakan salah satu daerah di Bumi Gawi Hantantiring yang hasil perikanannya sangat melimpah. Untuk terus meningkatkan produksi perikanan tangkap maupun budidaya, perlu adanya dukungan dari pemerintah, khususnya berupa bantuan.

“Kita ketahui bahwa di Sembuluh I ini banyak masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, makanya untuk meningkatkan kesejahteraan mereka bantuan-bantuan berupa bibit, pakan ikan dan lain sebagainya itu bisa direalisasikan,” harapnya.

Menurut Denni, apabila hal tersebut bisa direalisasikan, dirinya meyakini masyarakat dapat meningkatkan hasil perikanan di Seruyan. Dengan begitu maka otomatis perekonomian mereka juga akan meningkat dengan sendirinya.

Dia menyampaikan, untuk meningkatkan hasil perikanan tersebut tidak hanya peran dari pemerintah saja tapi juga dari nelayannya harus bersungguh-sungguh. Apabila pemerintahnya sudah mendukung tapi para nelayan tidak serius maka tentu akan sulit juga dan hasilnya tidak maksimal.

“Perlu adanya keseimbangan baik itu dari nelayan dan juga pemerintah setempat, sehingga dengan begitu dapat meningkatkan hasil produksi perikanan di Seruyan,” jelasnya.

Potensi perikanan di Kabupaten Seruyan dinilai cukup besar. Jika ini dioptimalkan maka akan mampu membantu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera menambahkan, pemerintah diharapkan bisa memberikan pemahaman ataupun metode-metode kepada para nelayan agar bisa meningkatkan hasil produksi. Pembinaan sumber data manusia ini sangat penting supaya mereka bisa mengaplikasikannya.

“Kalau misalnya ada metode atau upaya agar bisa memaksimalkan budidaya perikanan itu harus disampaikan kepada masyarakat supaya mereka bisa mengikutinya,” demikian Denni.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here