Kuala Kurun Expos55.com Pada tahun anggaran 2022, Pemerintah Desa Sei Antai, Kecamatan Rungan Hulu, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melakukan penyaluran bantuan sandang pangan dan hewani kepada warga desa setempat.

“Tercatat kurang lebih ada 300 kepala keluarga (KK) yang menerima bantuan sandang pangan dan hewani ini,” ucap Camat Rungan Hulu Jenggo I Rambung, Jumat, 1 Juli 2022.

Dia mengatakan, penyaluran bantuan kepada masyarakat ini berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 tahun 2021, dimana 20 persen dana desa digunakan untuk program ketahanan pangan dan hewani.

“Untuk program ketahanan pangan dan hewani di Desa Sei Antai direalisasikan melalui pembagian bibit ayam kampung, pakan, sarana peralatan, dan vitamin kepada seluruh warga desa,” tuturnya.

Sebelum disalurkan, lanjut dia, terlebih dahulu Pemerintah Desa Sei Antai melakukan musyawarah desa. Dari musyawarah itu, disepakati bahwa pada tahap awal bantuan penguatan ketahanan pangan, berupa pemberian bibit ayam kampung tadi, dan nanti dilanjutkan secara mandiri oleh warga.

“Memang penyaluran bantuan seperti ini tidak menjadi solusi secara tuntas, namun bisa menjadi alternatif untuk memberikan ketahanan pangan kepada warga,” ujarnya.

Mantan Lurah Tehang ini berharap bantuan bibit ayam kampung yang disalurkan tersebut dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga membantu meningkatkan taraf hidup warga di Desa Sei Antai.
(MK/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here