Palangkaraya, Expos55.com. Si TakirĀ  (Sistem Penataan Parkir) merupakan aplikasi penataan dan pengelolaan parkir di Kota Palangka Raya yang merupakan hasil inovasi dari Dinas Perhubungan, dengan tujuan agar pengelolaan parkir lebih jelas, terarah dan transfaran.

Peluncuran aplikasi SI-Takir yang digaga Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perhubungan Kota, diluncurkan secara resmi oleh Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, SE di Aula Peteng Karuhei 2 Kantor Walikota Palangka Raya Jalan Cilik Riwut Km. 5, Rabu (17/11/2021).

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya Alman P Pakpahan, SH, MH mengatakan, bahwa peluncuran aplikasi SI-Takir ini sebagai bentuk transparansi pengelolaan parkir yang berada di Kota Palangka Raya, agar penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) terukur.

“Peluncuran aplikasi SI-Takir ini dimaksudkan agar pengelolaan parkir lebih jelas dan terarah serta transparan, karena pada tahun 2020-2021, kita surplus PAD untuk parkir”, kata Alman.

Lebih lanjut dikatakan Alman, dengan aplikasi SI-Takir masyarakat bisa mengawasi secara langsung dan tahu berapa hasil parkir dari setiap tempat parkir yang tersebar di kota Palangka Raya.

“Ayo semua masyarakat Kota Palangka Raya, unduh aplikasinya agar kita bersama-sama bisa mengawasi pengelolaan parkir, agar kedepannya, PAD Kota Palangka Raya semakin naik”, ucapnya.

Sementara itu, Rendiansyah, salah seorang pengelola parkir menyampaikan, aplikasi ini sangat bagus dan membantu sekaligus sebagai kontrol agar pengelolaan parkir jauh lebih baik lagi.

“Kami bersyukur dengan diluncurkannya aplikasi SI-Takir, pemerintah dan masyarakat menjadi tahu di mana lokasi parkir yang berizin dan tidak”, ujarnya.
(Yens)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here