Palangka Raya Expos55.com Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin meresmikan kegiatan Rumah Data Kependudukan (Rumah Dataku) yang digelar di Aula Kelurahan Marang, Kota Palangka Raya, Selasa (30/11/2021).

Adapun kegiatan peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah Kepala Dinas pengendalian penduduk Keluarga Berencana pemberdayaan perempuan Perlindungan Anak dan pemberdayaan masyarakat (DPPKBP3APM) Kota Palangka, Kepala Disporabudpar Kota Palangka Raya, Kepala Promosi Wisata Kota Palangka Raya, Camat Bukit Batu dan Lurah Kelurahan Marang.

Dalam sambutannya, Fairid menyebutkan bahwa Rumah Dataku Adalah Kelompok Kegiatan (Poktan) Yang Berperan Dalam Penyediaan Data Dan Analisis Kependudukan Pada Tingkat Desa/Kelurahan Di Lingkungan Kampung Keluarga Berencana.

“Rumah Dataku Dibentuk Sebagai usaha dalam Penyediaan Informasi Publik Pada Bidang Kependudukan Dan Memenuhi Kebutuhan Intervensi Yang Tepat Sasaran Dan Tepat Guna”, kata Fairid.

Selain itu, prinsip Rumah Dataku Adalah Menyediakan Data Kependudukan Yang Valid Dan Terbarukan Melalui Skema Dari, Oleh, dan Untuk Masyarakat.

Disebutkannya juga bahwa tujuan Rumah Dataku adalah untuk menyediakan data publik dalam bidang kependudukan yang valid, terpercaya dan ubdate. Selain itu juga untuk menyediakan Data Dan Analisis Kependudukan Bagi Pemerintah Dan Lintas Sktoral Dalam Upaya Memberikan Intervensi Program.

“Pada intinya tujuan Rumah Dataku adalah untuk membangun Kepedulian Dan Kesadaran Akan data, Permasalahan Kependudukan, dan pendidikan wawasan kependudukan serta membengun Kelompok Kerja dalam bidang data pada tingkat mikro”, tutupnya.

Adapun klasifikasi Rumah Dataku terdiri dari yaitu Sederhana, Lengkap dan Paripurna.
(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here