Palangka Raya Expos55.com Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Fairid Naparin¬†mengingatkan sekaligus meminta kepada seluruh pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah setempat, agar mematuhi larangan “open house” pada saat Lebaran tahun 2021.

“Surat Edaran Mendagri karena sudah resmi, suka tidak suka kita harus melaksanakannya,” kata Fairid di Palangka Raya, Rabu.

Selain tentang larangan “open house” saat Idul Fitri 1442 Hijriah, para pejabat dan seluruh aparatur sipil negara juga diminta menaati larangan melakukan kegiatan buka bersama.

Pernyataan itu diungkapkan Kepala Daerah termuda di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah ini terkait Surat Edaran Mendagri tentang pelarangan kegiatan buka bersama pada bulan Ramadhan dan kegiatan “open house” atau halal bihalal pada Idul Fitri 2021.

Pihaknya pun meminta masyarakat di wilayah “Kota Cantik” menaati dan menjalankan anjuran serta arahan pemerintah. Selain itu juga mengutamakan silaturahmi secara daring untuk menekan penularan COVID-19 yang hingga kini belum usai.

Silaturahmi secara daring menjadi salah satu solusi merayakan Idul Fitri di tengah pandemi COVID-19. Meski tidak secara langsung, masyarakat tetap bisa bersilaturahmi. Hal itu juga mampu menurunkan potensi penularan karena tidak menyebabkan kerumunan dan jarak yang selalu terjaga.

Isi surat edaran yang ditandatangani oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian tertanggal 4 Mei 2021 itu mencakup dua poin utama.

Pertama yakni para pejabat dan seluruh aparatur sipil negara juga diminta menaati larangan melakukan kegiatan buka bersama yang melebihi keluarga inti ditambah lima orang selama Ramadhan.

Kedua adalah menginstruksikan kepada seluruh pejabat atau ASN di daerah tidak melakukan “open house” atau halal bihalal dalam rangka Idul Fitri 1442 Hijriah.

Surat edaran itu sendiri dikeluarkan karena masih terjadinya peningkatan kasus penularan COVID-19 khususnya pada perayaan Idul Fitri 2020 yang serta pasca libur Natal dan Tahun Baru 2021.

(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here