Palangka Raya Expos55.com Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo membuka secara resmi Rapat koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) se-Kalteng.

Rakor digelar terpusat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (13/12/2021). Kegiatan ini digelar secara luring dan daring.

Wagub saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan kondisi pandemi Covid-19 menjadi salah satu tantangan terbesar dan menyadarkan semua.

Bahwa ketersediaan produk/layanan keuangan yang mudah dijangkau di seluruh daerah, menjadi hal yang perlu diperhatikan, mengingat kegiatan perekonomian diharapkan masih tetap dapat berjalan, meskipun dalam keterbatasan.
“Disinilah perlunya optimalisasi peran TPAKD”, ucap Wagub.

Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo pada Rakornas TPAKD akhir Tahun 2020 lalu, diminta untuk melakukan cara-cara yang extraordinary, inovatif, dan cepat dalam menjalankan segala kebijakan dan program yang ada.

Edy mengatakan secara umum Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Prov. Kalteng telah mampu mengimplementasikan dengan baik berbagai kegiatan akses keuangan yang menjadi program-programnya, melalui sinergi antar lembaga/instansi.

“Meskipun pandemi Covid-19 menjadi tantangan, TPAKD cukup berhasil dalam merealisasikan program-program yang telah direncanakan”, imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, tahun 2021 terdapat 4 Kabupaten yang telah membentuk TPAKD, diantaranya Kabupaten Kapuas, Sukamara, Seruyan, dan Gunung Mas, yang mana 3 dari Kabupaten tersebut telah dikukuhkan, namun Kabupaten Gunung Mas belum melakukan pengukuhan.

Edy berharap pengukuhan dapat segera dilaksanakan pada awal tahun 2022 agar program kerja yang telah disusun pada rapat koordinasi tingkat Kabupaten dapat segera terlaksana dengan baik.
Dengan terbentuknya 4 Kabupaten pada tahun 2021, maka telah terdapat 8 Kabupaten/ Kota yang telah membentuk TPAKD.

“Saya mengapresiasi kepada seluruh Kabupaten/ Kota yang telah membentuk TPAKD dan menjalankan program sesuai rencana, dan Saya juga menghimbau kepada seluruh Kabupaten yang belum membentuk.

Untuk segera melakukan pembentukan TPAKD, sebagaimana instruksi melalui surat yang telah kami kirimkan kepada seluruh Bupati yang belum memiliki TPAKD”, tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Edy berpesan agar dapat terus melanjutkan dan meningkatkan komitmen bersama dalam pelaksanaan program-program TPAKD tahun 2021.

Salah satunya juga dengan pengalokasian anggaran untuk program yang berkaitan dengan percepatan akses keuangan daerah, sehingga inisiasi program bisa berjalan dari seluruh pihak dan meningkatkan efektivitas dari program tersebut.
(MMC Kalteng/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here