Sampit Expos55.com Wakil Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Irawati mendorong pemuda di daerah itu untuk berkontribusi nyata membangun daerah, terlebih di kawasan pelosok atau pedalaman yang masih membutuhkan perhatian semua pihak.

“Pemuda di desa dan kecamatan harus mampu bersinergi dengan pemerintah desa dan pemerintah kecamatan. Jangan menunggu didatangi camat, tetapi justru pemuda harus proaktif minta dilibatkan dalam berbagai kegiatan pemerintah,” kata Irawati di Sampit, Sabtu.

Pesan itu juga disampaikan Irawati saat menghadiri Musyawarah Kecamatan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) enam kecamatan di wilayah Utara.

Enam kecamatan tersebut yaitu Parenggean, Mentaya Hulu, Bukit Santuai, Tualan Hulu, Antang Kalang dan Telaga Antang. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yaitu Jumat dan Sabtu.

Untuk mengefektifkan kegiatan di wilayah yang geografisnya luas dan rumit tersebut, apalagi di tengah pandemi COVID-19 sehingga harus menerapkan protokol kesehatan maka kegiatan digabung dan dilaksanakan di dua lokasi.

Musyawarah Kecamatan Pengurus KNPI Mentaya Hulu, Parenggean dan Bukit Santuai dilaksanakan di Kuala Kuayan Kecamatan Mentaya Hulu. Sementara itu Musyawarah Kecamatan Pengurus KNPI Antang Kalang, Tualan Hulu dan Telaga Antang dilaksanakan di Desa Gunung Makmur Kecamatan Antang Kalang.

Irawati mendorong pemuda di kawasan utara untuk proaktif terlibat dalam pembangunan. Kehadiran pemuda sangat dibutuhkan untuk membantu pembangunan di wilayah yang kaya potensi sumber daya alam tersebut.

Baca juga: Palangka Raya, Kobar dan Kotim miliki kredit perbankan tertinggi

Irawati sangat hafal dengan kawasan tersebut karena dia juga pernah tinggal di wilayah itu. Untuk itu dia mendorong agar pemuda setempat berani tampil, apalagi dengan kemampuan sumber daya yang mumpuni dengan ditempat dalam organisasi KNPI.

Politisi yang pernah duduk di kursi DPRD Provinsi Kalimantan Tengah ini memotivasi agar pemuda Kotawaringin Timur lebih percaya diri. Pemuda harus tampil dan ambil bagian dalam pembangunan di daerah ini.

“Pemuda di kawasan utara ini juga harus semangat. Kita harus percaya diri karena kita punya kemampuan untuk tampil dan berkontribusi bagi bagi daerah dan masyarakat,” ujar Irawati.

Ketua Dewan Pengurus Daerah KNPI Kotawaringin Timur Endra Rosana mengatakan, Musyawarah Kecamatan merupakan forum tertinggi musyawarah pemuda di kecamatan. Untuk itu dia mengingatkan kegiatan itu dilaksanakan sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga KNPI yang sudah diatur.

Endra menyebut, KNPI sudah banyak menghasilkan kader yang menduduki jabatan penting, di antaranya Irawati yang menjabat Wakil Bupati, Fajrurrahman yang merupakan mantan Ketua KNPI yang kini menjabat Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang juga dikabarkan segera dilantik menjadi Penjabat Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur.

“Selama ini program pengkaderan di KNPI berjalan dengan baik dan berlanjut. Bu Irawati dan Pak Fajrurrahman adalah figur-figur yang bisa menjadi motivasi bagi pemuda, khususnya KNPI untuk terus berbuat yang terbaik,” demikian Endra.

(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here