Palangka Raya Expos55.com Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Fairid Naparin mengatakan vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama di kota setempat mencapai 84,83 persen.

“Sebanyak 189.532 orang dari 223.417 target vaksinasi telah telah disuntik dosis pertama. Capaian tersebut mencapai 84,83 persen dari target vaksin,” kata Fairid di Palangka Raya, Jumat.

Kemudian, lanjut dia, untuk vaksinasi COVID-19 di “Kota Cantik” dosis kedua telah tercapai 67,91 persen atau sebanyak 151.733 orang telah divaksin COVID-19.

Dalam rangka mempercepat capaian vaksin COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya bersama sejumlah pihak lain menggencarkan vaksinasi, baik yang dilakukan pusat layanan kesehatan maupun lainnya.

Data Satgas COVID-19 Palangka Raya menunjukkan, sebanyak 223.417 target vaksin tersebut terbagi menjadi lima kategori, yakni SDM kesehatan dengan target 3.512 sasaran, lansia 14.287 sasaran, pelayanan publik 21.920 sasaran, masyarakat umum 154.647 sasaran dan remaja sebanyak 29.051 sasaran.

“Kami bersama berbagai pihak terkait, juga terus menggencarkan vaksinasi sebagai upaya antisipasi penyebaran COVID-19 gelombang ketiga, yang diperkirakan terjadi pada akhir tahun hingga awal tahun baru nanti,” jelasnya.

Fairid yang juga Ketua Satgas COVID-19 Palangka Raya, mengajak masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19, sehingga meminimalkan potensi dan mencegah penyebaran virus corona.

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Dia menambahkan, saat ini kasus COVID-19 di kota setempat terus menurun sejak akhir Oktober lalu. Dampaknya Pemerintah Kota Palangka Raya masih memberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Pihaknya juga akan memastikan setiap kebijakan pemerintah pusat terkait penanganan COVID-19 akan dilaksanakan di wilayah “Kota Cantik”. Tak terkecuali terkait pengaturan aktivitas masyarakat dalam merayakan Natal dan tahun baru.

Namun demikian, penerapan itu juga dapat dilakukan penyesuaian dengan kondisi perkembangan daerah agar upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona semakin efektif dan efisien.

Sementara itu berdasarkan data terakhir dari Satgas “Kota Cantik”, tercatat tingkat kesembuhan pasien positif COVID-19 di daerah setempat mencapai 96,03 persen.

Jumlah warga yang sembuh itu berada di angka 12.596 orang dari total 13.117 warga Palangka Raya yang positif COVID-19. Dari seluruh kasus positif, juga tercatat 517 orang di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah meninggal dunia.

Adapun sampai saat ini warga “Kota Cantik” yang dinyatakan positif terjangkit virus corona tinggal empat orang. Jumlah itu menempati angka 0,03 persen dari total pasien positif.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here