Kalsel Expos55.com Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel menggelar Kick-Off Meeting Pokja AMPL dan PKP Provinsi Kalsel Tahun 2021 dengan tema Sinergi Provinsi dan Kabupaten/Kota Dalam Upaya Percepatan Pencapaian Target Universal Acces Air Minum dan Sanitasi 2024 di Command Center, Kantor Setda Banjarbaru.

Kegiatan ini dihadiri Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA dan jajaran Pokja PPAS Nasional, Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Kalsel, Pokja AMPL Provinsi Kalsel, Pokja PKP Provinsi Kalsel, Tim Penerapan SPM Provinsi Kalsel, Tim Penerapan SPM 13 Kabupaten/Kota, dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Seksi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman Dinas PUPR Kalsel, M. Amril Syarif mengatakan Pemerintah Indonesia telah menetapkan target air dan sanitasi melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 2030 dalam Rencana pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024, menindaklanjuti target Universal Access (UA), dengan akses tersebut tidak hanya sampai layak tapi menuju aman.

“Untuk mempertimbangkan pemenuhan hal tersebut perlu kolaborasi multisektor dan multiaktor. Jadi Pemprov Kalsel membentuk Kelompok Kerja Perumahan (Pokja) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) dengan tujuan untuk menjadi wadah penguatan koordinasi dan kolaborasi antar stakeholder pembangunan sanitasi dan air minum serta pembentukannya juga dilakukan di tingkat Kabupaten/Kota,” kata Amril, Selasa (30/3/2021).

Oleh sebab itu, keberadaan Pokja dinilai sangat strategis dalam mengawal pembangunan dan melaksanakan sinergisasi bidang sanitasi dan air minum baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Jadi dalam kegiatan pada hari ini, kita membahas bagaimana langkah kedepan untuk meningkatkan capaian akses air minum dan sanitasi di Kalsel,” ujarnya.

(MC Kalsel/Junaidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here