Palangkaraya, Expos55.com. Dalam rangka mengantisipasi adanya gangguan keamanan yang dianggap dapat menimbulkan keresahan masyarakat serta memberantas jaringan teroris di wilayah hukum Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), personil unit Jibom Den Gegana Satbrimob Polda Kalteng mengadakan latihan penembakan X-ray di Mako Den Gegana, Jl. Tjilik Riwut Km.1 Kota Palangka Raya. Senin (28/12/2020).

Menurut Dansatbrimob Polda Kateng Kombes Pol. Bambang Widjanarko Baiin, SIK., MSi menyampaikan, tujuan dilakukannya latihan ini untuk mengasah kemampuan para personil Den Gegana agar dapat menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dan mencegah dari ancaman bom dan anti teror di wilayah hukum Polda Kalteng.

Kemudian Dansatbrimob mengatakan, kegiatan peningkatan kemampuan penjinakan bom ini dilakukan agar para personil unit Jibom dapat menguasai tahapan-tahapan pengoperasian X-ray dan melakukan penanganan jika ditemukan barang yang dicurigai bom.

Lebih lanjut dikatakan Bambang, bahwa pengecekan X-ray bertujuan untuk membantu operator Jibom mengetahui isi dalam rangkaian yang diduga bom tersebut, agar cepat ditindaklanjuti oleh tim Jibom, maka dari itu perlu adanya latihan rutin agar terciptanya kemampuan personil yang mahir dan sigap.

“Prosedur X-ray ini harus dilakukan dengan cepat, karena sewaktu-waktu bom yang ditembak X-ray, bisa meledak kapan saja”, tegasnya.(Tribratanews.kalteng/red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here