Palangkaraya, Expos55.com. Momen tahun baru Islam 1 Muharram 1443 H dimanfaatkan tiga organisasi untuk bersilaturahmi dan melakukan dengan Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Kalimantan Tengah (Kalteng) Douglas P Nainggolan, SH, MH, Selasa (10/08/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan DPW AJV Kalteng, DPW AWPI Kalteng dan LSM Forum Kalimantan Membangun sekaligus memberikan 50 bungkus daun sungkai sebagai dukungan kepada para Jaksa untuk meningkat imun tubuh.

Menurut Aspidsus yang belum genap setahun bertugas di Bumi Tambun Bungai, mengaku kalau  kedatangan lintas organisasi ini diharapkan akan menjadi mitra untuk bisa memberikan kontribusi bagi Kalteng.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada ketiga organisasi yang melakukan aksi pembagian daun sungkai kepada Kejati Kalteng dan masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri.

“Ini artinya, bahwa daun sungkai merupakan salah satu kearifan lokal yang dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh yang penting untuk dijaga saat  pandemi Covid-19,” ujar Douglas usai menerima daun sungkai.

Douglas juga mengingatkan kalau tanaman seperti daun sungkai bisa menjadi pilihan masyarakat sebagai obat herbal yang sudah digunakan dan diwarisi turun temurun dari jaman nenek moyang kita.

“Tidak bagus juga kalau selalu mengkonsumsi obat-obatan, dibandingkan tanaman dari alam resiko dan efek sampingnya cenderung tidak ada,” beber Douglas.

Sementara itu koordinator aksi pembagian daun sungkai Supriady Natae, S.IP yang juga Ketua LSM Forum Kalimantan Membangun didampingi Wakil Sekretaris AJV Kalteng Aulia Mirza dan Ketua AWPI Kalteng Hadriansyah, S.Pd mengatakan, aksi ini sebagai salah satu upaya membantu pemerintah untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Ikhtiar dan menyakini kalau daun sungkai bisa meningkatkan imun tubuh, bisa mempermudah masyarakat untuk mencari alternatif obat-obatan herbal namun tetap mengkonsumsi sesuai aturan dan selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” pungkas Supriady. (Ami/red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here