Expos55.com Palangka Raya. Keseriusan Polda Kalteng dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah hukumnya tak perlu diragukan lagi.

Buktinya, walaupun sekarang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, namun Tim Siaga Karhutla Polda Kalteng tetap melaksanakan patroli guna mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Kali ini, Tim Siaga Karhutla melaksanakan patroli dialogis di Jalan Yos Sudarso dan Jalan Mahir Mahar Kota Palangka Raya, Kamis (13/5/2021) siang.

Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr Dedi Prasetyo, melalui Kabidhumas Kombes Pol K. Eko Saputro, mengatakan, Tim Siaga Karhutla tersebut, bekerja 24 jam dan tidak mengenal hari libur.

“Tim Siaga Karhutla yang kami bentuk ini, bekerja tanpa mengenal waktu, tanpa mengenal lelah dan tanpa mengenal hari libur. Tujuannya hanya satu, untuk mencegah dan menanggulangi Karhutla di wilayah Provinsi Kalteng,” terang Kabidhumas.

Pada hari lebaran ini, Tim Siaga Karhutla melaksanakan patroli dialogis, dengan mendatangi dan menyapa masyarakat yang berada di lahan atau kebun.

“Saat melaksanakan patroli, kami juga mendatangi masyarakat yang kebetulan ada di kebun atau di lahan, guna menyampaikan imbauan langsung agar tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan,” jelas Kabidhumas.

Kabidhumas berharap, imbauan yang disampaikan pihaknya dapat ditaati oleh masyarakat sehingga Provinsi Kalteng terhindar dari bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

(Tribratanews Kalteng/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here