Palangka Raya Expos55.com Detasemen Khusus Anti Teror (Densus) 88 dibantu Kepolisian Daerah Polda Kalimantan Tengah, menangkap dua terduga teroris di Kabupaten Kotawaringin Timur, dan satu di Kota Palangka Raya.

Ketiga terduga teroris yang bernama Areaz dan Muh S laitz serta RT F Zay ini ditangkap di dua tempat yang berbeda dan tidak melakukan perlawanan, kata Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro saat dikonfirmasi melalui pesan singkat di Palangka Raya, Rabu,

“Hasil lidik, ketiga terduga teroris itu diduga terlibat dalam rencana melakukan aksi amaliyah atau aksi teror akhir tahun 2021 di provinsi ini,” beber dia.

Adapun penangkapan seorang terduga teroris itu di Hotel Hawai Jalan Bubut di nomor kamar 323 Kota Palangka Raya, dan dua orang lainnya ditangkap di Istana Jelawat Kabupaten Kotawaringin Timur  pada Selasa (21/12) pukul 21.00 dan pukul 22.00 WIB.

Eko mengatakan,tidak ada perlawan saat penangkapan, tiga terduga teroris yang terafiliasi ke Islamic State dan berbaiat kepada Abu Bakar Al-Baghdadi dan penggantinya itu, Densus 88 berhasil menyita sejumlah barang bukti hasil penggeledahan.

Barang bukti itu berupa buku dunia sopie, buku senyum terakhir sang mujahid, Ensiklopedi akhir zaman, dua catatan harian, satu toples peluru gotri, sarung tangan, segel buku seri kafilah syuhada, Rangkaian baterai, memory MMC merk sandisk, Baju gamis warna hitam, satu pasang sepatu tactical warna coklat.

“Ada ditemukan senjata api rakitan berikut senjata tajam, kemudian baju-baju yang digunakan untuk latihan militer untuk persiapan amaliyah, selanjutnya ditemukan buku-buku terkait pemahaman ideologi serta beberapa barang bukti lain terkait perbuatan pidana terorisme,” ungkapnya.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here