expos55.com, Palangka Raya – Anggota DPRD Kota Palangka Raya Jum’atni, mengimbau warga yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS), seperti halnya bantaran Sungai Kahayan, untuk waspada meningkatnya debit air sungai tersebut.

“Ketinggian debit air Sungai Kahayan belakangan ini, hampir masuk permukiman warga yang tinggal di bantaran sekitaran sungai,”katanya, Rabu (1/9/2021).

Maka itu ungkap dia, kewaspadaan akan terjadinya hal yang tak terduga, seperti banjir yang secara tiba-tiba terjadi harus menjadi perhatian warga.

“Intinya tetap waspada, terutama bagi warga yang berada di sekitar aliran sungai seperti pada komplek pemukiman di Jalan Mendawai dan pemukiman dikawasan Pahandut,”tambahnya.

Terlepas dari itu Jum’atni mengharapkan kepada pemerintah melalui instansi terkait untuk terus memantau dan memonitor serta tanggap dengan kondis DAS. Bahkan baiknya, harus pro aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar aliran sungai untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

Meskipun lanjutnya, hal semacam ini sudah biasa terjadi, namun tetap saja warga diminta jangan lengah agar tidak terjdi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Anak-anak utamanya untuk selalu dipantau oleh orangtua, terlebih lagi wilayah yang sudah tergenang air. Karena pada tahun sebelumnya akibat kelengahan orangtua terjadi hal buruk pada anak akibat banjir,” pungkasya.

 

 

(MC. Isen Mulang.1/BPBD/wspd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here