Expos55.com  Palangka Raya – Bila tidak ada aral melintang, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palangka Raya akan segera melaksanakan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada penerimaan CPNS tahun 2019.

“Tes SKB sempat tertunda pelaksanaannya sejak Pandemi covid-19 yang merebak pada bulan Maret 2020 lalu. Nah, BKPSDM bersiap melanjutkan pelaksanaan tes SKB pada 15-20 September 2020 ini,”ungkap
Kepala BKPSDM Kota Palangka Raya, Sabirin Muhtar, Kamis (3/9/2020).

Tes SKB yang sudah dijadwalkan tersebut lanjut Sabirin, tidak lain mengacu berdasarkan Surat Kepala Kantor Regional (Kanreg) VIII BKN Banjarmasin Nomor 574/SB/K/KR.VIII/VIII/2020 tentang penyampaian jadwal SKB mandiri di bawah wilayah Kerja Kanreg Banjarmasin

“Tes SKB untuk Kota Palangka Raya itu sendiri akan mengambil tempat di Ruang CAT Kantor UPT BKN Kota Palangka Raya Jalan Wahidin Sudirohusodo Palangka Raya,”beber Sabirin.

Disebutkan, jumlah peserta yang akan mengikuti SKB tersebut adalah berdasarkan hasil rekon data seleksi kompetensi dasar (SKD). Dimana sebelumnya berjumlah 571 orang peserta, dan akan bersaing mengisi 227 formasi yang tersedia. Terdiri dari 127 formasi tenaga kesehatan dan 100 formasi tenaga teknis.

Adapun dari keseluruhan peserta, lanjut Sabirin, 523 peserta akan mengikuti tes di UPT BKN Kota Palangka Raya. Dimana akan dilakukan per sesi. Setiap sesi akan diikuti 33 orang peserta tes.

Sedangkan untuk peserta yang memilih titik SKB diluar Kota Palangka Raya antara lain di Kanreg VIII BKN Banjarmasin pada 1 September 2020 sebanyak 28 peserta, UPT BKN Jambi pada 3 September sebanyak 2 peserta, Kanreg IV BKN Makasar pada 9 September sebanyak 1 peserta.

Berikutnya Kanreg VI BKN Medan Pada 16 September sebanyak 1 peserta, BKN Pusat pada 18 September sebanyak 4 peserta, Kanreg II BKN Surabaya pada 21 September sebanyak 7 peserta, UPT BKN Semarang pada 29 September sebanyak 2 peserta, Kanreg I BKN Yogyakarta pada 30 September sebanyak 2 peserta dan terakhir UPT BKN Padang pada 30 September sebanyak 1 peserta.

“Pelaksanaan tes SKB nanti akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Dalam satu hari akan dilaksanakan 3 sesi, dimana satu sesi akan memakan waktu 210 menit,”terang Sabirin

Secara rinci waktu 210 menit itu jelas dia mencakup, 90 menit untuk registrasi dan pemeriksaan hingga peserta masuk ruang tunggu steril, 30 menit untuk perpindahan peserta dari ruang tunggu steril ke ruang ujian, dan 90 menit untuk ujian SKB.

“Setiap selesainya sesi ujian, akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh,”pungkas Sabirin. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here