Banjarbaru Expos55.com Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapatkan kunjungan dari staf khusus anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI).

Rombongan diterima langsung oleh Plt Kepala Dishut Kalsel, Fathimatuzzahra, di Banjarbaru, Senin (8/11/2021).

Sahel Muhammad dari staf khusus anggota DPR RI mengatakan, tujuan kedatangannya untuk menggali potensi pemanfaatan rotan di Kalsel.

“Dari apa yang sudah disampaikan oleh Plt Kepala Dishut Kalsel sebelumnya, itu sangat luar biasa. Dari rotan termasuk dalam kelompok Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) dan skema izin pemanfaatan rotan dalam kawasan hutan,” ucap Sahel.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dishut Kalsel, Fathimatuzzahra mengatakan, rotan di Kalsel rata-rata semua berada di dalam kawasan hutan, baik itu dari Hutan Lindung (HL) maupun Hutan Produksi Tetap (HP).

“Sehingga, belum ada data terkait rotan yang dibudidayakan di luar kawasan, selain rotan yang memang benar tumbuh alami,” ujar Fathimatuzzahra.

Dijelaskan Fathimatuzzahra, pemanfaatan rotan di Kalsel hanya untuk memenuhi suplai industri dan masyarakat mengambil rotan tersebut dari hutan-hutan alami yang sudah tumbuh.

“Jadi, tidak ada yang membudidayakan rotan karena rotan itu baru bisa dipanen 15 sampai 20 tahun,” kata Fathimatuzzahra.
(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here