Palangka Raya Expos55.com Pelaksanaan program pembangunan di Kota Palangka Raya di tahun 2022 ini, tidak lepas dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Baik berfokus pada sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, pelayanan publik dan infrastruktur.

Demikian hal itu ditegaskan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, usai serah terima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya,Jumat (14/1/2022).

Lebih jauh Fairid menyampaikan, pada tahun 2022 ini, fokus program pembangunan Pemko Palangka Raya adalah di sektor pendidikan dan kesehatan. Namun demikian program yang tertinggal di tahun sebelumnya, yaitu sektor infrastruktur masih tetap menjadi prioritas untuk diselesaikan.

Karenanya kata dia, dengan sudah diserahkannya DIPA tersebut, diharapkan semuanya dapat berjalan sesuai prosedur dan mekanisme serta sampai akhirnya perangkat daerah selaku pengguna anggaran, harus mampu memberikan laporan tepat waktu.

“Seperti instruksi pemerintah pusat, bahwa kali ini anggaran difokuskan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, di mana sebelumnya turun akibat pandemi Covid-19 yang cukup lama melanda,” bebernya, di Ruang Rapat Peteng Karuhai II Kantor Wali Kota Palangka Raya.

Dalam kesempatan itu Fairid menyampaikan, realisasi anggaran keuangan di tahun 2021 lalu sudah mencapi 90 persen. Sementra untuk realisasi fisik mencapai 95 persen.

“Cukup wajar dengan kegiatan fisik yang cukup tinggi namun realisasi kuangan tidak terlalu besar. Sementara untuk Indikator Kinerja Utama (IKU) Perangkat daerah rata rata-rata cukup bagus karena melampau target IKU masing-masing,” bebernya.

Diketahui, untuk alokasi dana APBN yang dikelola melalui DIPA satuan/perangkat kerja instansi vertikal lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya di tahun 2022 ini adalah sebesar, Rp129,388 milyar lebih. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here