Palangka Raya Expos55.com Tahanan Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah diperiksa kesehatannya dengan menggunakan metode swab antigen untuk mengantisipasi potensi paparan COVID-19.

Kepala Satuan Tahanan dan Barang Bukti Polresta Palangka Raya Iptu Erwin Apriadi, Jumat, mengatakan, tes kesehatan 20 tahanan tersebut dilakukan oleh Seksi Dokkes Polresta setempat dengan penjagaan ketat.

“Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19 di rumah Tahanan Mapolresta Palangka Raya dan Lembaga Pemasyarakatan yang menjadi tujuan pelimpahan para tahanan,” kata Iptu Erwin.

Beberapa diantaranya dari 20 tahanan tersebut, juga telah diberikan suntik vaksin COVID-19 pada Gerai Vaksin Presisi Polresta Palangka Raya. Mereka juga dinyatakan dalam kondisi sehat, sehingga langsung dilimpahkan ke lapas.

“Selain itu personel juga mengawal saat mereka dilimpahkan ke lapas sesuai prosedur yang harus dilakukan,” jelasnya.

Dijelaskan perwira berpangkat melati dua itu, di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini pihaknya harus berhati-hati dalam menjaga tahanan.

Apabila lalai dikhawatirkan akan terjadi penularan terhadap tahanan Mapolresta setempat. Jam kunjung selama pandemi juga dibatasi, hal ini guna mengantisipasi terjadinya penularan COVID-19.

“Selain menjaga ketat, kami juga selektif menerima bingkisan atau makanan yang dikirimkan oleh keluarga dari tahanan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” bebernya.

Personel Polresta Palangka Raya dan tahanan setempat juga menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Salah satunya menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mencuci tangan.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here