Amuntai -Kalsel expos55.com  Akibat pohon tumbang, puluhan anggota TAGANA Kab. HSU bersama warga sekitar berjibaku  membersihkan aliran Sungai Kali Balangan yang terletak di Desa Lok Bangkai RT. 7 Kec. Banjang Kab. HSU.

Dengan kondisi parah serta medan yang membahayakan anggota TAGANA dengan dibantu oleh warga sekitar terpaksa harus menggunakan peralatan seadanya untuk memotong batang kayu yakni dengan parang dan gergaji.

Diperkirakan gundukan yang menghambat aliran sungai Kali Balangan setinggi 30 cm  dari permukaan air, dengan panjang gundukan mencapai 30 M dan lebar gundukan mencapai 70 M. Sehingga hal inilah yang menyumbat aliran sungai  menjadi tidak normal.

Bukan hanya batang pohon saja, gundukan batang bambu pun juga ikut dibersihkan. Menurut penuturan salah seorang warga setempat kepada awak media dirinya menerangkan bahwa saking banyaknya gundukan batang bambu ditambah lagi tumbangnya beberapa pohon berdiameter cukup besar di aliran Sungai Kali Balangan, secara otomatis akan menghentikan aktifitas masyarakat yang biasa lewat dengan menggunakan perahu.

Kalau hal ini tidak cepat ditangani, maka upaya pembersihan nantinya sulit dilakukan, apalagi mengingat kondisi arus sungai cukup deras. “dengan alat yang seadanya kita melakukan upaya pembersihan sungai agar aliran sungai bisa berjlan normal” Papar Udin.

Disisi lain menurut salah sorang anggota TAGANA Kab. HSU Fauzi menuturkan bahwa, pasca banjir besar yang merambah pada kawasan pemukiman padat penduduk di sebagian besar daerah Kab. HSU bahwasanya kejadian seperti ini seringkali terjadi, yang menjadi kendala saat ini adalah minimnya alat yang digunakan membuat proses pembersihan sungai menjadi lamban. Kondisi ini dikarenakan saking banyaknya batang bambu yang menumpuk di sekitar pohon kayu besar yang tumbang, ditambah lagi derasnya aliran sungai sehingga membuat akses menuju titik sendatnya aliran Sungai Kali Balangan berjalan kurang maksimal, “kita juga perlu memperhatikan keselamatan, karena medan atau konsisi dilapangan sangat rawan kecelakaan, yang lebih parah lagi banyaknya batang bambu dengan kondisi yang runcing sehingga kita perlu berhati-hati dan medannya juga di air tidak di areal tebing” pungkasnya.

Fauzi juga berharap kegiatan pembersihan aliran Sungai Kali Balangan ini cepat teratasi, mengingat aktifitas warga sekitar masih banyak menggunakan perahu untuk mencari ikan dan aktifitas lainnya dengan menggunakan perahu, tegasnya. (Windi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here