Expos55.com  Palangka Raya – Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik SMA/MA, SMP/MTs dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Upaya-upaya ini dilakukan melalui berbagai lomba atau kompetisi baik nasional maupun internasional. KSN ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah menempatkan Indonesia pada posisi yang kompetitif diberbagai ajang internasional bergengsi dalam penguasaan sains dan teknologi oleh peserta didik.

Oleh karena itu melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukkan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

Secara umum penyelenggaraan kegiatan KSN-K ini adalah untuk mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.

Kemudian mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.

Selanjutnya menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

Namun secara khusus penyelenggaraan KSN-K ini adalah untuk menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/ kemampuan dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Kemudian untuk mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada kompetisi sains tingkat internasional dan membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains.

SMAN 4 Palangka Raya mengirim peserta didiknya mengikuti kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMA tingkat kota. KSN-K ini berkompetisi di bidang sains merupakan tahap seleksi dalam menjaring siswa terbaik untuk melaju ke tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

Ada 9 bidang dilombakan KSN 2021 yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Kebumian, Ekonomi, dan Geografi.

Meski dilaksanakan secara daring karena masih suasana pandemi Covid-19, namun tidak semua siswa perwakilan mudah mengikuti penyisihan KSN-K tahun ini. SMAN 4 Palangka Raya cukup berhasil meraih piala, piagam, dan uang pembinaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMA tingkat kota ini. Bidang yang diraih adalah Kimia oleh Alicia Giani shafira A.J kelas X-MIPA 1, Kebumian oleh Andres Setiawan dari kelas XII-MIPA 1, Biologi oleh Budhi Sastrio Abihu Eleazar dan Amelia Ramadianti kelas XII-MIPA 1 dan Fisika oleh Jasmin Ambun Sitalegawa kelas XI MIPA 1.

Hasil dan perjuangan mereka patut diapresiasi. “Terima kasih atas dukungan guru-guru pembimbing, pendamping serta bantuan dan dukungan orang tua peserta didik, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas kerja sama dan kepercayaan masyarakat terhadap SMAN 4 Palangka Raya,” ungkap Kepala SMAN 4 Palangka Raya Yenihayati di sela menerima penghargaan yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Akhmad Fauliansyah di aula SMAN 3 Palangka Raya Kamis 12 Agustus 2021. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here