Palangka Raya Expos55.com kerja sama antara sekolah menengah Atas  Negeri 1 Palangka Raya dengan Yayasan Borneo Nature Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang pendidikan terkait lingkungan hidup.

Drs H.Arbusin Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Palangka Raya mengatakan merangkul anak untuk mencintai lingkungan adalah hal baik dan penting untuk ditanamkan oleh orang tua.

sekolah dan lingkungan masyarakat bagi anak bahwa proses pendidikan yang diawali dari lingkungan sekitar tempat tinggal bisa membantu anak untuk mengenal diri dan lingkungannya serta menghayati kehidupannya.

Sehingga anak bukan hanya tahu kekayaan lingkungannya tetapi juga tahu bagaimana caranya menjaga kekayaan lingkungan untuk meminimalisir permasalahan ekologi.

Bahwa dukungan dari lingkungan keluarga dan sekolah menjadi tonggak utama pembentukan karakter anak akan cinta alam.

Orang tua bisa memberikan dukungan pada anak dengan memfasilitasi anak untuk memberikan akses pengetahuan, keterampilan dan pengalaman seluas-luasnya dengan memberinya kebebasan untuk melakukan aksi baik terhadap lingkungan.

Misalnya cara sederhana yang bisa dilakukan oleh orang tua terhadap anak adalah dengan menanam pohon di rumah, menjaga hewan yang ada di lingkungan tempat tinggal, memberikan pengetahuan pentingnya memilah makanan dan mengelola sampah dengan tepat serta mengajak anak rekreasi alam.

Sedangkan kami pihak sekolah kata Arbusin  bisa memberikan dukungan pada siswa dengan memfasilitasi siswa terkait dengan kegiatan yang dapat meningkatkan survival skill seperti kegiatan berkemah, diadakannya ekstrakulikuler pecinta alam dan mengenalkan lingkungan alam sekitar untuk melakukan kegiatan praktikal ucap Arbusin .

Dengan upaya-upaya tersebut, karakter cinta alam dan budaya akan tertanam dalam diri anak sehingga dengan mudah melakukan aksi baik menjaga lingkungan alam dan budayanya.

Berdasarkan hal itu SMAN 1 Palangka Raya ingin melibatkan guru dan siswa pada kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup untuk membangun generasi sadar lingkungan yang akan melestarikan warisan alam dan budaya Borneo demikian Arbusin Rabu (09/03/2022).

Sementara Tim Borneo Nature Indonesia Kalteng melalui Manager Edukasi katanya anak-anak Kalimantan Tengah khususnya Palangka Raya masih asing dengan Taman Nasional Sebangau (TNS).

Belum banyak anak yang mendapatkan akses pengetahuan tentang lingkungan hidup terutama pengetahuan lokal.
Adapun program LOL akan dilaksanakan penyampaian 6 materi lingkungan hidup,sesi diskusi dan project Based Learning.
(Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here