Kalsel Expos55.com Beberapa waktu lalu, Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenpolhukam) Republik Indonesia atas koordinasi, kontribusi aktif, dan aksi responsif dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2020.

“Penghargaan yang diterima berkat kerja sama dari instansi terkait termasuk Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brigdalkarhutla), Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Pemegang Izin Konsesi lingkup Dishut Kalsel yang sudah bahu membahu dalam membantu pengendalian Karhutla di Kalsel,” kata Plt Kepala Dishut Kalsel, Fathimatuzzahra, di Banjarbaru, Selasa (13/7/2021).

Ke depan, Fathimatuzzahra mengatakan Dishut Kalsel akan terus melakukan upaya-upaya untuk menanggulangi Karhutla, terutama dalam hal pencegahan.

“Kami sudah lakukan pemetaan terhadap areal rawan Karhutla dan posisi untuk mengambil air apabila diperlukan dalam penanganan Karhutla,” kata Fathimatuzzahra.

Sinergi dengan instansi terkait dan masyarakat pun dinilai sebagai suatu upaya yang sangat penting untuk meminimalisir Karhutla di Kalsel.

“Maka dari itu, sinergitas dan kolaborasi antar instansi terkait terutama jajaran TNI/Polri serta masyarakat sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya Karhutla,” kata Fathimatuzzahra.

(MC Kalsel/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here