Kalsel Expos55.com DIT Intelkam Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan (Kalsel), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel, dan Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat menjalin sinergi dalam rangka penguatan, pemeliharaan keamanan di bidang siber, dan keamanan teknologi informasi.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh masing-masing pihak, di aula Diskominfo Kalsel, Banjarbaru, Selasa (6/7/2021).

Panit III Subdit Kamsus Dit Intelkam Bidang Siber Polda Kalsel, IPDA Muhammad Dicky Khairil mengatakan, bahwa saat ini tindak kejahatan melalui internet sangat marak, seiring dengan meningkatnya penggunaan internet di kalangan masyarakat.

“Untuk menangani kejahatan siber di Kalimantan Selatan saat ini pihak kami melakukan tindakan preventif seperti memberikan edukasi kepada masyarakat,” kata IPDA Dicky.

IPDA Dicky berharap, DIT Intelkam Polda Kalsel dapat memperkuat keamanan siber, dengan dukungan dari Diskominfo Kalsel dan Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat.

“Semoga tingkat keamanan siber di wilayah Kalsel lebih handal lagi dengan dukungan bantuan dari Diskominfo Kalsel dan SDM Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat,” harap IPDA Dikcy.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai menjelaskan pihaknya telah membentuk tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT) yang bertugas menangani permasalahan keamanan Siber di tingkat provinsi.

“Ke depan kami akan mengembangkan CSIRT di Kabupaten/Kota, dan mendorong mereka untuk melakukan MoU serupa dengan Polres setempat, sehingga ketika ada serangan siber bisa ditanggulangi dengan cepat,” kata Rifai.

Ditambahkan Rifai, Diskominfo Kalsel juga akan memberdayakan SDM dari Fakultas Teknik ULM untuk membantu mengatasi permasalahan siber yang ada di Banua.

“Selama ini banyak SDM kita yang bertalenta bagus ditarik keluar daerah. Semoga dengan adanya bantuan SDM dari Fakultas Teknik ULM bisa membantu Pemerintah Provinsi dan Polda Kalsel dalam menangani permasalahan siber di Kalsel,” tutur Rifai.

Di tempat yang sama, dalam rangka pengamanan teknologi informasi, Dekan Fakultas Teknik ULM, Dani Muhammad mengatakan, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan salah satu produsen alat IT yang terkenal memiliki keamanan siber tinggi.

“Kami sudah bekerja sama dengan CISCO yang mana dikenal sebagai produsen besar alat IT dan terkenal dengan keamanan sibernya. Dan dalam kurikulum kami sudah mengadopsi kurikulum CISCO, sehingga nanti akan menonjolkan mahasiswa mana yang betul-betul punya talenta di keamanan siber,” tukas Dani.(MC Kalsel/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here