Kuala Kapuas Expos55.com Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, akan menyediakan pos vaksinasi dosis 3 atau booster di seluruh lokasi feri penyeberangan bagi pemudik saat musim mudik lebaran nanti.

“Terkait percepatan vaksinasi, Pemerintah Kabupaten Kapuas, akan mengupayakan setiap feri penyeberangan kita siapkan pos vaksinasi booster,” kata Sekretaris Daerah Kapuas Septedy di Kuala Kapuas, Selasa.

Hal itu disampaikannya, saat mengikuti rapat percepatan vaksin booster COVID-19 di pintu masuk Provinsi Kalimantan Tengah selama bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Rapat dilaksanakan secara virtual dipimpin Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Nuryakin.

Septedy menjelaskan, untuk lokasi gerai vaksin di Kabupaten Kapuas, ada dua gerai, yakni di Desa Anjir Sarapat, Kecamatan Kapuas Timur dan sekitaran Bundaran Besar jalan Trans Kalimantan-Pemuda Kota Kuala Kapuas.

Pemerintah daerah menargetkan sasaran vaksinasi sebanyak 1.000 dosis per hari yang telah disiapkan selama arus mudik nantinya.

“Kita berharap agar nantinya aktivitas ibadah umat Muslim dalam Ramadhan dan Idul Fitri nanti tetap dapat berjalan maksimal, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak terjadi lonjakan kasus,” harapnya.

Sementara itu Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin saat menyampaikan arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menegaskan, bahwa ada beberapa hal penting untuk menjadi perhatian dan pelaksanaan bersama.

Pertama, meskipun status kasus aktif COVID-19 masih terdapat pada seluruh kabupaten/kota, tetapi jumlahnya semakin menurun.

Kemudian, menyikapi kebijakan pemerintah dan melihat animo masyarakat untuk mudik tahun 2022, serta untuk memperkuat ketahanan masyarakat terhadap COVID-19 dan mengantisipasi adanya lonjakan kasus.

Untuk itu, setiap daerah harus menyiapkan langkah-langkah strategis, diantaranya melakukan pemeriksaan acak syarat perjalanan dalam negeri, dengan pembentukan posko pelayanan pada titik simpul transportasi darat, laut, dan udara.

Selain itu, mendirikan pos layanan atau gerai vaksinasi pada titik simpul transportasi yang diperkirakan akan menjadi konsentrasi pemudik.

“Kita harapkan dengan menyiapkan langkah-langkah strategis seperti ini, dan dengan kerja sama semua pihak, maka kita akan semakin cepat meningkatkan ‘herd immunity’ di seluruh wilayah Kalimantan Tengah,” demikian Nuryakin.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here