BANJARMASIN Expos55.com Pada idul adha 1442 Hijriyah yang jatuh Selasa (20/7/2021) pagi umat muslim khususnya di kota Banjarmasin melaksanakan shalat di sejumlah masjid.

Satu di antaranya adalah di Masjid Jami Kelurahan Sungai Jingah, Banjarmasin Utara. Di mana terpantau warga sudah berdatangan di sana sejak pukul 06.30 Wita.

Barisan-barisan atau shaf yang ditentukan pihak masjid satu per satu mulai diisi jamaah.

Serupa dengan warga yang mengisi shaf di dalam masjid, barisan di halamannya pun nampak banyak terisi oleh jamaah.

Sesekali terlihat petugas yang akrab disapa angkatan muda mengarahkan para jamaah baik itu untuk mendapatkan shaf atau sekadar mengingatkan tentang menjaga jarak.

Dari lokasi juga terdengar imbauan jemaah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, baik menggunakan pengeras suara maupun petugas yang berjaga di luar.

Namun, disayangkan dari jumlah ribuan jamaah di Masjid Jami masih saja ada sebagian jamaah yang mengabaikan imbauan dari petugas dengan tidak menggunakan masker serta jaga jarak antar shaf.

Pengurus Yayasan Al-Jami atau Masjid Jami Banjarmasin melalui bidang peribadatan Muhammad Noor, menyampaikan shalat dimulai sekitar pukul 7.15 Wita.

Jauh-jauh hari, pihaknya sudah mempersiapka terkait pelaksanaan peribadatan untuk hari ini.

“Sebelum shalat dimulai kami selalu mengimbau para jamaah agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah.

Seperti penggunaan masker dan himbauan menjaga jarak. Mengingat saat ini masih dalam kondisi dan masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

“Saya harap, meski di tengah pandemi dan banyaknya batasan, masyarakat bisa memakluminya dan mematuhinya serta tetap merayakannya tanpa mengurangi ke hikmatan ibadah shalat Idul Adha 1442 H,” sambung Muhammad Noor.

Terkait masih ada jamaah yang tidak mematuhi protokol kesehatan, ia tidak bisa berkomentar banyak, karena pihaknya selalu dan berupaya menekankan kepada jamaah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sudah di imbau untuk mematuhi prokes, namun dikembalikan lagi ke individunya,” pungkasnya.
(Bpost)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here