Banjarmasin Expos55.com Sebagai tanda dimulainya pelaksanaan APBN tahun 2022, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor, didampingi Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalsel, Sulaimansyah.

Menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) kepada satuan kerja Kementerian/Lembaga dan Bupati/Wali Kota se-Kalsel, di Banjarmasin, Jumat (3/12/2021).

Penyerahan DIPA Petikan dan Buku Daftar Alokasi TKDD merupakan rangkaian dari penyerahan DIPA dan TKDD oleh Presiden pada tanggal 29 November lalu.

Pada kesempatan tersebut, Sahbirin berpesan agar Kepala Daerah/Bupati/Wali Kota dan pimpinan satuan kerja/SKPD untuk segera melakukan langkah-langkah optimalisasi penyerahan anggaran, sesuai dengan rencana kegiatan dan rencana penarikan dana yang telah disusun.

“Selanjutnya, tidak lupa selain bekerja dengan cepat dan responsif, aspek akuntabilitas dan transparansi juga harus dikedepankan. Penggunaan anggaran harus tetap dapat dipertanggung jawabkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mari tingkatkan koordinasi dan kolaborasi, juga semangat untuk bergerak bersama mewujudkan cita-cita untuk memajukan Banua, bangsa, dan negara,” kata Sahbirin.

Selain itu, Sahbirin juga memberikan apresiasi atas prestasi Pemerintah Daerah dan satuan kerja/KL terbaik dalam hal pengelolaan dan pelaksanaan belanja K/L maupun TKDD.

Untuk kategori Kabupaten/Kota dengan kinerja penyaluran DAK fisik terbaik, penghargaan diraih oleh Kabupaten Barito Kuala sebagai terbaik pertama, Kota Banjarbaru terbaik kedua, dan Kabupaten Tanah Laut sebagai terbaik ketiga.

Untuk kategori Kabupaten/Kota dengan kinerja penyaluran Dana Desa terbaik, penghargaan diraih oleh Kabupaten Tanah Bumbu sebagai terbaik pertama, Kota Tapin terbaik kedua, dan Kabupaten Tabalong sebagai terbaik ketiga.

Untuk kategori K/L terbaik dalam kinerja pelaksanaan anggaran, dengan kriteria jumlah satker sampai dengan 3, penghargaan diraih oleh Badan Kepegawaian Negara Regional VIII Banjarmasin.

Kriteria jumlah satker 4 sampai dengan 10 penghargaan diraih oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Selatan, dan dengan kriteria jumlah satker di atas 10 penghargaan diraih oleh Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Selatan.

Terakhir, kategori kinerja pemanfaatan marketplace/digipay, penghargaan diraih oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Selatan.
(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here