Palangkaraya, Expos55.com.
Setelah berlakunya Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran yang ditetapkan pada tanggal 7 Mei 2008, istilah Pelabuhan Khusus (Pelsus) telah berubah menjadi Terminal Khusus (Tersus).

Terminal Khusus adalah terminal yang terletak di luar Daerah Lingkungan Kerja dan Daerah Lingkungan Kepentingan Pelabuhan yang merupakan bagian dari pelabuhan terdekat untuk melayani kepentingan sendiri sesuai dengan usaha pokoknya.

Terminal untuk Kepentingan Sendiri adalah terminal yang terletak di dalam Daerah Lingkungan Kerja dan Daerah Lingkungan Kepentingan Pelabuhan yang merupakan bagian dari pelabuhan untuk melayani kepentingan sendiri sesuai dengan usaha pokoknya.

Terkait dengan keberadaan Tersus yang ada di Kalimantan Tengah khususnya di Kota Palangka Raya, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Pulang Pisau melalui Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhan Yohanes Ririp mengatakan, untuk Kota Palangka Raya terdapat sembilan Tersus yang terdaftar dan kebanyakan berada di Kelurahan Pahandut Seberang Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya.

“Untuk Kota Palangka Raya, ada sembilanTersus yang sudah terdaftar di Kesyahbandaran dan paling banyak berada di Kelurahan Pahandut Seberang”, katanya.

Ditambahkan Yohanes, bahwa legalitas perizinan ini tidak lepas dari kesadaran pengusaha untuk melengkapinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang Kepelabuhanan serta solidnya tim KSOP untuk membenahi perizinan.

“Berkat kesadaran pengusaha serta solidnya tim KSOP dalam membenahi perizinan, sehingga sembilan Tersus tersebut sudah terdaftar”, ucap Yohanes. (red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here