Kalsel Expos55.com Semangat jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) tidak pernah surut untuk konsisten menggelorakan minat baca di Banua, hingga menyasar sampai ke SDN 1 Rantau Buda, SDN Manunggal Baru, dan SMP Negeri 1 Sungai Durian, Kabupaten Kotabaru.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan kedatangannya ke sekolah-sekolah di daerah pelosok merupakan bentuk sinergitas dan dukungan terhadap program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 di Kabupaten Kotabaru.

“Mereka sangat antusias dengan kedatangan Tim Perpustakaan keliling , selain menghibur dengan bernyanyi, senam otak, senam sehat, juga dimeriahkan dengan badut-badut karakter. Mereka juga berkesempatan membaca buku-buku cerita fiksi, buku-buku anak-anak yang selama ini kurang begitu mereka rasakan karena mereka merupakan masyarakat desa yang terisolir dan terpelosok,” kata Nurliani, melalui siaran pers, Sabtu (2/10/2021).

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 1 Rantau Buda, Sukimin mengucapkan terima kasih kepada jajaran Dispersip Kalsel yang telah berkunjung ke sekolah yang Ia pimpin.

“Terima kasih sekali kepada Dispersip Provinsi sudah mau datang ke sekolah kami yang jauh dari perkotaan, dan membantu kami mendidik anak bangsa,” tutur Sukimin.

Ke depan, Sukimin berharap Dispersip Kalsel bisa terus memfasilitasi anak-anak didiknya dengan buku-buku bacaan dan perpustakaan keliling.

“Semoga kedepan Bunda Nunung (Nurliani) bisa terus memfasilitasi kami dengan layanan perputakaan kelilingnya,” singkat Sukimin.

Senada dengan Sukimin, Kepala SMP 1 Sungai Durian, Jhon Freddy Pane juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Dispersip Kalsel.

“Kami sangat senang dan bahagia bisa bertemu dengan rombongan Dispersip Provinsi Kalsel yang jauh-jauh datang dari Banjarmain melalui jalan yang lumayan sulit. Semoga di lain kesempatan kita dapat bertemu lagi dengan kegiatan atau program yang lain dari Dispersip Kalsel,” harap Jhon.

Di sisi lain, Pasiter Kodim 1004/Kotabaru, Kapten Supriyanto berharap perpustakaan keliling Dispersip Kalsel bisa rutin menyambangi Desa Manunggal Baru, walaupun hanya satu bulan sekali.

“Kami berharap perpustakaan keliling dari Dispersip Kalsel bisa datang dan berkunjung ke desa kami minimal satu bulan sekali agar anak-anak dapat mendapatkan ilmu dan informasi baru dari buku-buku yang mereka baca,” tutur Kapten Supriyanto.

Ia mengatakan, selama ini di Desa Manunggal Baru belum pernah dilaksanakan kegiatan perpustakaan keliling, mengingat lokasinya yang sangat jauh dari perpustakaan dan aksesnya yang cukup sulit, sehingga anak-anak mengalami keterbatasan dalam membaca buku, baik itu buku cerita, buku ilmu pengetahuan dan buku-buku lainya yang merupakan sumber ilmu pengetahuan dan informasi.

“Kami sangat berterimaksih atas kedatangan dari tim perpustakaan keliling Dispersip Kalsel, begitu juga dengan warga setempat sangat bahagia dan antusias dalam menyambut kedatangan tim perpustakaan keliling ini karena dengan adanya perpustakaan keliling warga setempat sangat terbantu, sehingga dapat meningkatkan minat baca anak-anak dan warga setempat. Hal tersebut dapat menjadi pengalaman tersendiri bagi anak-anak dan warga setempat,” tukas Kapten Supriyanto.(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here