Expos55.com Palangka Raya – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Palangka Raya, kembali melakukan pembenahan sistem drainase yang ada pada sejumlah titik kota setempat.

Pembenahan sistem drainase itu dilakukan, mengingat kondisi cuaca di Kota Palangka Raya kerap turun hujan dengan intensitas yang tinggi, sehingga berpotensi menimbulkan genangan air pada sejumlah titik kawasan permukiman warga.

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman pada Disperkim Kota Palangka Raya, Deddy Trileksono mengatakan, pihaknya saat ini tengah menjalankan program pembenahan drainase yang berada dikawasan lingkungan permukiman masyarakat secara bertahap.

Program pembenahan tersebut mulai dari program action di lapangan hingga skema penganggaran kegiatan.

Sebagai langkah awal jelas Deddy, pihaknya melakukan pendataan terhadap kawasan lingkungan perumahan yang selama ini kerap mengalami genangan atau banjir

“Nah, kawasan-kawasan rawan tergenag ini akan diusulkan pembenahan di tahun anggaran 2021 mendatang,” ungkap Deddy, Senin (28/9/2020).

Sebenarnya sambung dia, pada tahun 2020 ini, ada beberapa titik drainase kawasan lingkungan perumahan yang seharusnya mendapatkan porsi untuk dilakukan pembenahan. Namun akibat merebaknya pandemi covid-19,, mau tak mau Pemeritah Kota Palangka Raya harus mengambil kebijakan refocusing anggaran untuk percepatan penanganan covid-19.

“Tahun ini kami hanya bisa melaksanakan program semacam patroli rutin untuk melakukan pemeriksaan terhadap drainase di kawasan permukiman, apakah berfungsi dengan baik atau tidak,”beber Dedi.

“Kalau ditemukan ada drainase yang tidak berfungsi, maka secepatnya kami berkoordinasi dengan pihak terkait guna bersinergitas dalam penanganan drainase tersebut,”pungkasnya. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here