Palangka Raya Expos55.com  Pandemi saat ini memukul hampir seluruh sektor UMKM, akibatnya pertumbuhan ekonomi melambat drastis. Atas hal itu penanganan pandemi Covid-19 tidak bisa lagi dipisah dengan upaya pemulihan ekonomi.

Demikian salah satu poin yang ditekankan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, saat ditanya langkah kongkret upaya pemulihan ekonomi sebagai dampak pandemi hingga saat ini.

Fairid mengungkapkan, perlunya terobosan dalam upaya pemulihan ekonomi ditengah situasi pandemi saat ini. Seperti halnya bagi pelaku ekonomi yang bergerak dibidang UKM, maka SDM pelaku usahanya harus melek sosial media.

“Jadi SDM UKM harus melek memanfaakan perkembangan sosial media, seperti Twitter, Facebook, Youtube, instagram, Whatsapp, Website, Platform Marketplace,” ujarnya.

Harus disadari sambung Fairid, di era modernisasi sekarang ini, maka pemasaran produk usaha tidak hanya dilakukan dengan cara tradisional yakni, langsung bertatap muka dengan pembeli, akan tetapi saat ini pemasaran modern yang berbasis online bisa dilakukan.

“Disamping SDM pelaku UKM harus ditingkatkan, disisi lain kualitas produk sekaligus strategi pemasaran atau penjualan produk UKM yang berbasis digital, harus dikuasai,” harapnya.

Sementara itu, kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Rawang menyampaikan, sejumlah pelatihan yang digelar pihaknya selama ini bertujuan membantu para pelaku usaha untuk memasarkan barang hasil produk secara luas. Salah satunya bergerak secara massif didunia maya melalui online.

“Selain memberikan pelatihan ini, kami juga mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk, permodalan, perizinan dan memperoleh sertifikat halal atas produk usaha yang dihasilkan,” tandasnya. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here