Buntok Expos55.com Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah (Kanwil Kemenag Prov. Kalteng) Hj. Siti Mariani mengajak ibu-ibu pengurus anggota DWP Kemenag Kabupaten Barito Selatan (Barsel) untuk mempersiapkan diri baik fisik maupun mental dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah.

“Peran seorang ibu sangat penting bagi anggota keluarga dalam menjalankan ibadah Ramadhan dengan penyesuaian selama pandemi Covid-19,” kata Siti Mariani dihadapan pengurus anggota DWP Kemenag Barsel saat memberikan pembinaan di Aula MTsN Barsel, Jumat (25/03/22).

Istri Kakanwil Kemenag Kalteng H. Noor Fahmi ini mengajak ibu-ibu DWP yang beragama Islam untuk menyambut Ramadhan dengan rasa gembira, sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah.

“Dengan hati yang gembira menyambut Ramadhan, maka kita akan semangat dalam menjalani ibadah Ramadhan sehingga akan memperoleh berbagai keutamaan Ramadhan,” ucapnya.

Salah satu tugas seorang ibu selama Ramadhan kata Siti Mariani ialah mempersiapkan hidangan untuk berbuka puasa maupun sahur. Karena itu ibu-ibu DWP agar bisa menyiapkan menu makanan dengan variatif, sehat, dan bergizi selama Ramadhan guna mendukung pelaksanaan ibadah puasa bagi anggota keluarganya.

“Kesehatan jasmani dan rohani sangat berpengaruh dalam melaksanakan rangkaian ibadah Ramdhan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Selain puasa, ibadah lain juga diganjar dengan berlipat ganda di bulan Ramadhan. Program Jumat Berkah yang dilakukan DWP dengan memberikan santunan bagi mereka yang memerlukan, menurutnya bisa menjadi ladang pahala bagi pengurus anggota DWP jika diniatkan untuk ibadah.

Disamping persiapan Ramdhan, Hj. Siti Mariani juga mengapresiasi keaktifan DWP Kemenag Barsel dalam bermacam kegiatan dan program. Menurutnya DWP bukan sekedar tempat berkumpul ibu-ibu istri pegawai negeri sipil untuk arisan tetapi banyak hal positif yang bisa dilakukan. Ia mencontohkan diantaranya sebagai sarana menambah ilmu pengetahuan, bertukar pikiran, pemberdayaan kaum wanita, berbagi kepada sesama, sampai ikut berkontribusi membangun citra positif instansi lembaga Kementerian Agama melalui program kegiatannya.

Ia menuturkan salah satu konsen DWP Kanwil Kemenag Kalteng di bidang ekonomi saat ini ialah mulai menjajal penjualan secara daring atau shop online utk menambah kas DWP. Dengan semangat ikut membantu pelaku usaha menengah lokal, DWP Kemenag Kalteng mamasarkan hasil kerajinan lokal melalui toko daringnya.

Menutup pembinaannnya, Hj. Siti mariani mengajak ibu-ibu DWP Kemenag Barsel untuk terus menjadi seorang ibu yang menjaga keluarga, mendidik dan merawat anak sehingga menjadi anak yang salih, membangun keluarga sakinah mawadah mwarahmah, dan tentunya ikut memberikan dukungan kepada suami dalam menjalankan tugas fungsinya sebagai aparatur Kemenag dalam melayani umat.

Sementara Ketua DWP Kantor Kemenag Kabupaten Barsel Ny. Henny Yuliati Arbaja menyampaikan berbagai program kegiatan DWP yang telah dilaksanakan. Di bidang administrasi, ia menuturkan pihaknya sudah melakukan pendataan anggota DWP yaitu berjumlah 77 orang.

Kemudian istri Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Barsel H. Arbaja ini mengatakan di bidang ekonomi pihaknya melakukan pengadaan kain seragam DWP dan atributnya dengan sistem kredit, menjual hasil karya kerajinan anggota, koperasi Ramadhan, dan arisan sembako.

Di bidang sosial budaya, ada bakti sosial bagi-bagi takjil Ramadhan berupa paket buah kurma dan air kemasan. Kemudian anjangsana kepada anggota yang habis melahirkan atau yang sedang sakit.

Di bidang pendidikan, DWP Kemenag Barsel membina dua raudhatul athfal (RA) yakni RA Al Wardah dan RA Perwanida. Selain itu ada juga pengajian rutin dan taklim fiqh wanita.

Ia melanjutkan, kegiatan rutin lainnya antara lain pertemuan bulanan, arisan, dan membangun pola hidup sehat dengan ikut senam kesegaran jasmani.

DWP Kemenag Barsel juga ikut partisipasi memeriahkan hari amal bakti (HAB) Kemenag sebagai penyedia katering dan anjangsana, serta partisipasi di hari-hari besar agama.
(Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here