Kalsel Expos55.com Dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia yang jatuh pada 11 Maret 2021, RSUD Ulin Banjarmasin melakukan beberapa kegiatan yang bertemakan “Hidup Tetap Nyaman Dengan Penyakit Ginjal”.

“Kegiatan yang akan dilakukan yaitu mengedukasi di beberapa penyiaran radio, juga seminar tentang ginjal untuk masyarakat dan untuk para tenaga kesehatan serta pemberian masker gratis untuk para keluarga dan pasien yang sedang menjalani Hemodialisa,” ucap Mohammad Rudiansyah,  Selaku Ketua panitia Hari Ginjal Sedunia, Banjarmasin, Jumat (12/3/2021).

Seminar ilmiah bagi para tenaga kesehatan nantinya akan mengundang dari Korwil Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dr. Pranawa dan dr. Atma Gunawan dan yang dilaksanakan secara virtual.

Rudi sendiri berharap untuk para pasien penyakit ginjal agar tetap bisa menjalankan aktifitas dengan baik dan tanpa kendala.

“Minimal bisa bercengkerama dengan keluarga dan juga untuk masyarakat yang masih sehat, agar bisa menjaga pola makan dan minum air putih yang cukup serta berolahraga yang rajin,” harapnya.

Selain itu, Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Dr Suciati menjelaskan pada masa pandemi COVID-19 ini untuk pelayanan pasien ginjal akan dibedakan antara pasien COVID-19 dan tidak COVID-19.

“Hal ini agar mencegah penularan terhadap pasien yang bukan COVID-19,” pungkasnya.

( MC Kalsel/Junaidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here