Expos55.com  Palangka Raya – Beberapa waktu lalu Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin meninjau lokasi lahan yang rencananya bakal menjadi kawasan relokasi warga Rindang Banua (Ponton), Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut.

Fairid mengatakan, adanya kawasan yang rencananya untuk relokasi bagi warga Ponton itu lebih kepada memfasilitasi keinginan warga untuk memiliki kepastian tempat tinggal yang jelas dan lahan bagus serta status wilayah administrasinya jelas.

“Selama ini warga Puntun mengeluh, karena kawasan tempat tinggal mereka saat ini masih berstatus sewa. Makanya Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya diharap dapat membantu memfasilitasi relokasi,”ungkapnya, Jumat kemarin.

Disampaikan Fairid, adanya keinginan relokasi tempat tinggal itu sudah pernah terlontarkan saat Musrenbang Kecamatan. Warga menilai lokasi lahan yang berada di sekitaran belakang Bandara Tjilik Riwut cukup menjanjikan untuk pemukiman warga.

Ditambah lagi berdasarkan penataan ruang, kawasan lahan tersebut memang direncanakan untuk pengembangan hortikultura dan perikanan.

” Artinya, kawasan itu cocok saja, karena ada beberapa kelompok tani yang sudah mengembangan hortikultura di sana. Terlebih akses jalanpun cukup baik,”bebernya.

Disampaikan Fairid, sejauh ini pemko sudah melakukan pendataan warga, dimana ada sekitar 125 orang warga yang sudah mengantongi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dari kouta sekitar 300 lebih. Artinya masih dapat diajukan kembali warga untuk PTSL selanjutnya.

“Setidaknya ini menjadi upaya pemko membantu warga agar mendapatkan lahan untuk tempat tinggal yang layak, sekaligus menjadi solusi mengurangi kawasan kumuh di Kota Palangka Raya,”pungkas Fairid.
(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here