expos55.com, Palangka Raya – Regu posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palangka Raya melaksanakan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Jalan Hiu Putih Kota Palangka Raya, Minggu (29/8/2021).

Regu yang terdiri dari BPBD,TNI, POLRI,Dinas Kehutanan Provinsi, Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) berawal dari laporan masyarakat Pukul 13.42 WIB akan bahwa terjadi kebakaran lahan di Jalan Hiu Putih Kota Palangka Raya.

Baca Juga : Kebijakan PPKM Harus Didukung Maksimal

Tim yang mendapat laporan segera meluncur ke lokasi kebakaran seluas 9.700m2 dengan melakukan pemadaman dan pembasahan lahan.

Type lahan gambut yang terbakar membuat tim regu gabungan ekstra waspada hingga pada akhirnya kerja keras regu gabungan dapat memadamkan api pada pukul 15.10 WIB.

Sekretaris BPBD Kota Palangka Raya, Anna Menur Arum Ambarsari mengatakan musim kemarau dan kurangnya curah hujan sangat berpotensi akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, lanjut menurutnya segala bentuk antisipasi akan dilakukan melalui edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat akan dampak dari kebakaran lahan bagi kesehatan.

“Peran penting kesadaran masyarakat agar tidak membakar lahan sangat penting untuk mencegah bencana Karhutla dan kita telah melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentunya.” Ucap Anna Menur.

Tim gabungan sendiri telah disiagakan sebagai antisipasi terjadinya kebakaran lahan, sehingga apabila mendapat laporan kebakaran lahan terjadi, tim dapat segera merespon dengan menindaklanjuti laporan masyarakat dengan cepat.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan kemarau tahun ini adalah kemarau basah beberapa wilayah di indonesia termasuk Kalimantan Tengah diperkirakan bulan Agustus ini mulai memasuki kemarau sehingga antisipasi dan kesiapsiagaan dalam mencegah Karhutla dapat dilakukan secara bersama dengan melibatkan semua elemen yang ada.

 

 

(MC. Isen Mulang/BPBD/Gusti/wspd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here