Kalsel Expos55.com Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel melalui Bidang Kebudayaan menghadiri Rapat Koordinasi untuk program muhibah budaya jalur rempah dan kedatangan kapal Dewa Ruci yang diadakan pada tanggal 20-23 Agustus tahun 2021.

Rapat Koordinasi dilaksanakan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin yang dihadiri masing-masing Kabupaten/Kota.

“Hari ini kita melaksanakan Rapat Koordinasi penyambutan kapal Dewa Ruci dalam rangka program muhibah budaya jalur rempah tahun 2021 dengan titik Kota Banjarmasin,” ucap Kepala seksi kesenian Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel, D. Sunjaya Adhiarso, Banjarmasin, Kamis (8/7/2021).

Ia menjelaskan, nanti para peserta yang datang menggunakan kapal Dewa Ruci akan mengunjungi tempat yang telah ditentukan oleh panitia.

“Untuk di Kabupaten Banjar, para peserta akan dibawa ke rumah adat banjar yang berada di teluk selong, kemudian ke museum Lambung Mangkurat dan nantinya kami membawa para peserta ke Kabupaten Batola yaitu pulau sewangi yang merupakan salah satu kampung pengrajin perahu tradisional,” tuturnya.

Pada saat berada di destinasi tersebut, para peserta akan diberikan pertunjukan yang berbeda dari masing-masing destinasi yang akan dikunjungi.

“Jadi untuk peserta terbagi menjadi dua grup yaitu peserta lama dan baru. Untuk peserta baru sebelum kedatangan kapal Dewa Ruci, kami akan melaksanakan pembekalan yang di adakan di LPMP kota Banjarbaru. Disana akan diadakan workshop tentang kuliner dan sejarah jalur rempah di Indonesia khususnya Kalsel,” ungkapnya.

Sunjaya menegaskan, untuk para peserta muhibah budaya jalur rempah yang telah terpilih diwajibkan mengikuti vaksinasi minimal vaksinasi pertama serta protokol kesehatan di dalam kapal mengingat pandemi COVID-19 saat ini.

“Jadi kita sangat menjamin untuk kesehatan para peserta yang berada di dalam kapal maupun nantinya pada saat berkegiatan di luar kapal,” pungkasnya.

(MC Kalsel/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here