SAMPIT Expos55.com Sering terendam banjir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) akan membangun pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Desa Tumbang Penyahuan, Kecamatan Bukit Santuai pada tahun 2022. Hal ini dikatakan oleh Bupati Kotim Halikinnor
“Kami relokasi ke tempat yang lebih tinggi agar saat masyarakat memerlukan pelayanan kesehatan tidak terganggu, sekalipun ada bencana banjir,” katanya, Sabtu 1 Januari 2022.

Wilayah utara Kotim itu merupakan wilayah langganan banjir tiap tahunnya. Banjir akan terjadi saat musim hujan ditambah air sungai meluap. Dana yang akan digunakan dimasukan dalam pembahasan anggaran daerah periode 2022.

Menurutnya, relokasi merupakan solusi yang tepat, karena banjir tahunan sulit dihindari lantaran faktor alam. “Namun kami berharap tidak ada lagi bencana banjir yang menimpa wilayah Kotim, kita doakan bersama di tahun ini dan kedepannya Kotim aman dan bebas bencana,” harapnya.

Diketahui, tahun 2021 sebagian besar wilayah Kotim dilanda banjir salah satunya adalah Kecamatan wilayah utara, yakni Parenggean, Bukit Santuai, Antang Kalang, dan Telaga Antang. Selain merendam ratusan rumah warga, banjir juga merendam sejumlah fasilitas publik, termasuk puskesmas.
(MK/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here