Palangkaraya, Expos55.com. Sejumlah warga yang tinggal di kawasan Jalan Dulin Kandang Kelurahan Kereng Bangkirai Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya menyoroti kinerja PT. PLN (Persero) Area Palangka Raya yang memasang jaringan kabel listrik ke pelanggan, sepanjang kurang lebih dua kilometer yang melewati pepohonan dan semak belukar, bahkan di sekitarnya juga ada kabel yang terendam di dalam air.

Menurut salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, keberadaan jaringan kabel listrik tersebut sangat meresahkan, karena bisa membahayakan jiwa masyarakat yang melintas. Untuk itu mereka meminta agar pihak PLN tanggap dan secepatnya mengambil tindakan sebelum adanya korban.

“Sebelum ada korban, kami meminta agar pihak PLN tanggap serta secepatnya mengambil tindakan,” harapnya.

Menyikapi permasalahan tersebut, PT. PLN (Persero) Area Palangka Raya, melalui Manager Rayon Timur Aris Aprianto menjelaskan, bahwa keluhan warga sekitar Jalan Dulin Kandang akan segera ditindaklanjuti pihaknya bersama tim teknis untuk melakukan survey dan validasi teknis.

“Akan kita tindaklanjuti bersama tim teknis untuk melakukan survey dan validasi teknis,” jelas Aris.

Lebih lanjut dijelaskan Aris, secara prinsip PLN setiap hari melakukan kegiatan operasi pemeliharaan, baik itu pemeliharaan jaringan 20 KV, gardu maupun jaringan tegangan rendah.

“Setiap hari kami rutin melakukan kegiatan pemeliharaan jaringan 20 KV, gardu dan jaringan tegangan rendah,” ucap Aris.

Ditambahkannya, pada prinsipnya pihaknya akan selalu mengutamakan menjaga aset  dalam koridor safety dan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3), agar jaringan kabel listrik jangan sampai menyebabkan kecelakaan dan korban jiwa. Namun dalam hal pengawasan, pihaknya tidak serta merta berjalan sendirian tanpa adanya peran serta pihak lain, seperti pelanggan, masyarakat sekitar dan rekan-rekan wartawan.

“Kami akan selalu mengutamakan menjaga aset dalam koridor safety dan aspek K3, sedangkan dalam hal pengawasan, peran serta semua pihak termasuk rekan-rekan wartawan sangat diperlukan,”pungkasnya. (red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here