Expos55.com  Salah satu Perusahaan Multi Nasional Bidang Peternakan (PMDN) melakukan ekpansi usaha dengan melakukan investasi besar-besaran membangun breeding poultry farm di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Salah satunya adalah PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, yang telah memilih lokasi desa Sungai Hijau Kecamatan Pangkalan Banteng sebagai pusat lokasi pembangunan kandang farm untuk memproduksi telur tetas/Hatched Egg (HE) skala besar.

Bedasarkan informasi dari Pejabat Region 3  PT Japfa Tbk, Mayor mengatakan bahwa proyek pembangunan telah dimulai diatas lahan 20 ha dan direncanakan akan dibangun kompleks pekandangan dan bangunan fasilitas pendukungnya sebanyak 20 kandang dengan kapasitas 15.000 ekor perkandang atau sebanyak 300.000 ekor populasi ayam.

“Tujuan pembangunan breeding farm ini adalah pemenuhan kebutuhan telur tetas/HE untuk kebutuhan penetasan PT Japfa group yaitu Hatchery Pangkalan Lada, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan M. Rosihan Pribadi di kesempatan terpisah pada Jumat (10/9/2021) sangat mengapresiasi pembangunan peternakan unggas ini. Menurut Rosihan, Farm ini merupakan fasilitas terbesar di Kalimantan Tengah dengan nilai investasi awal Rp. 247 miliar.

“Dengan adanya investasi ini diharapkan daerah setempat mendapat manfaat, antara lain tenaga kerja lokal, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar dengan tumbuhnya usaha mikro masyarakat sekitar lokasi pemuliaan serta peran pemerintah daerah melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam pengawasan usaha pemuliaan tersebut,” ungkap Rosihan.(MC Kobar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here