expos55.com, Paringin- Puskesmas Berjalan di Tapal Batas (PUBERTAS) berhasil memenangkan penghargaan top 45 inovasi  pelayanan publik terpuji KIPP 2021 klaster kabupaten. Pengumuman terpilihnya inovasi dari Kabupaten Balangan ini disiarkan langsung secara streaming, Jumat (30/7/2021).

Puskesmas berjalan di tapal batas ini adalah inovasi yang di gagas oleh UPTD Puskesmas Uren yang merupakan pelayanan kesehatan secara jemput bola, dengan mengirimkan tenaga medis untuk melayani kesehatan warga pedalaman.

Yang kemudian inovasi ini berhasil lulus tahapan presentasi, wawancara, verifikasi, dan observasi lapangan yang dilakukan secara virtual karena pandemi Covid-19.

Ditemui di ruang rapat, Bupati Balangan, Abdul Hadi mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh jajaran, terkhusus kepada Pubertas yaitu Puskesmas Uren yang telah melakukan program kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tidak bisa di jangkau dengan transportasi roda dua.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa mereka memberikan pelayanan kepada masyarakat terpencil itu dengan jalan kaki antara 1-4 jam, oleh karena itu yang pertama dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih,” ucapnya.

Abdul Hadi juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informartika serta Organisasi Setda Balangan dan semua pihak yang terkait, sehingga Kabupaten Balangan masuk Top 45 Inovasi  Pelayanan Publik Terpuji 2021.

“Ini tentu suatu kebanggaan dan kita akan menerima reward berupa DID dan itu insyallah kita akan manfaatkan sebaik-baiknya untuk daerah Kabupaten Balangan,” ungkapnya.

Abdul Hadi berharap kedepan akan ada lagi inovasi lain yang akan di lombakan ditingkat nasional seperti program santunan kematian dan dokter kunjung.

Sementara itu, Kabag Organisasi Setda Balangan, Ernawati mengucapkan rasa syukur dan bangganya atas berhasilnya Pubertas masuk ke top 45 inovasi  pelayanan publik terpuji.

“Alhamdulilah pada tanggal 29 juli 2021 kemarin secara siaran virtual dari kementerian mengumumkan bahwa Pemerintah Kabupaten Balangan berhasil masuk di top inovasi pelayanan publik terpuji atau boleh di kategorikan top 45,” beber dia.

Ernawati menuturkan banyaknya pihak yang menginginkan agar inovasi layanan publik khususnya dibidang kesehatan ini dapat terus berkelanjutan dan berinovasi lagi guna meningkatkan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

“Untuk inovasi ini diharapkan Pemerintah Kabupaten Balangan akan terus menumbuhkan inovasi-inovasi yang lainnya terutama di SKPD,” harapnya.

Terakhir, Ernawati mengatakan untuk Pubertas terkait serta yang ada di Puskesmas Uren agar terus semangat dan terus berjuang, karena Ini bukan hanya tentang profesi tetapi tentang pengabdian dan keikhlasan.

 

Sumber : MC Balangan/Sinta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here