Palangka Raya Expos55.com  Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pulang Pisau. Kunjungan tersebut dalam rangka mendampingi Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian Ali Jamil dan Auditor Utama Keuangan Negara IV BPK Syamsudin melakukan Peninjauan Lahan Food Estate di Desa Kantan Muara, Kecamatan pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau.

Wagub didampingi Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait serta Kepala Perwakilan BPK Prov. Kalteng Agus Triyono. Dari Pemerintah Daerah hadir Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang.

Auditor Utama Keuangan Negara IV BPK Syamsudin mengatakan kunjungan kali ini untuk mendapatkan gambaran dilapangan bagaimana pelaksanaan food estate di Kalteng serta kendala-kendala yang dihadapi baik oleh para petani maupun lahannya.

“Dalam kunjungan kali ini, pertama-tama kami ingin bersilahturahim dengan kawan-kawan saudara kita di Kalteng khususnya di Pulang Pisau dan Kapuas. Kedua, kami kemarin dijelaskan oleh Pak Dirjen mengenai kondisi dan gambaran pertanian dalam bentuk food estate. Kami ingin mendengarkan dari bapak/ibu sekalian secara langsung”, ucap Syamsudin mengawali sambutannya.

Lebih lanjut Syamsudin menjelaskan, pihaknya menyambut baik rancangan maupun perancanaan program food estate yang dikembangkan di Kalteng.

“Setelah dijelaskan, kami melihat rancangannya bagus sekali, mulai dari perencanaanya, kemudian ada tekhnologi yang dikembangkan, tekhnologi yang di arahkan dapat meningkatkan produksi pertanian tentunya dengan meningkatkan produksi pertanian akan meningkatkan penghasilan para petani. Kemudian, hasilnya tidak hanya itu saja, menurut Pak Dirjen, produktifitasnya atau komoditasnya itu tidak hanya satu jenis, jadi petani diharapkan bisa mengembangkan komoditas lain. Yang sudah tanam padi mungkin ada tanaman yang cocok disini apa, yang tanamnya sekali, bisa tanam dua kali”, imbuhnya.

Syamsudin menginginkan agar dilakukan pembinaan mulai dari produksi hingga pemasaran.

Sementara Wagub H. Edy Pratowo menyampaikan harapan agar program food estate dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalteng.

“Pertemuan kali ini kita harapkan bisa membawa keberkahan buat para petani kita. Kami mewakili Bapak Gubernur dari Prov. Kalteng berharap program penanaman pangan yang digagas Bapak Presiden yang diberikan kepada Pemerintah Prov. Kalteng bisa memberikan kontribusi dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita”, tandas Edy.
(MMC Kalteng/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here