Expos55.com  Palangka Raya – Walikota Palangka Raya telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor : 368/01/SATGASCOVID-19/BPBD/VII/2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19.

Hal tersebut diwujudkan dengan dioperasikannya Pos Penyekatan pada Bandara Tjilik Riwut, Jalan Adonis Samad, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, yang bertugas mengawasi dan memeriksa para penumpang kedatangan maupun keberangkatan transportasi udara.

Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng pun dipercaya untuk mengawaki pos tersebut yang dilakukan oleh para personel dan Ipda Tumijan sebagai perwira pengendali (padal), Kamis (15/7/2021) yang dimulai pukul 07.00 WIB.

Ipda Tumijan menerangkan, ia bersama personelnya melakukan pengawasan terhadap para penumpang serta membantu pihak bandara untuk memeriksa Surat Keterangan (Suket) hasil negatif tes RT-PCR.

“Sebagaimana yang tertulis dalam Surat Edaran Walikota Palangka Raya tersebut, pada Huruf F Nomor 1 poin b, yakni ketentuan bagi pelaku perjalanan transportasi udara yang keluar dan masuk Wilayah Kota Palangka Raya,” ungkapnya.

SE tersebut berbunyi, yakni Pelaku perjalanan transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

“Yang distempel basah atau barcode dan dikeluarkan oleh klinik pemeritah atau swasta yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan asal pelaku perjalanan, sebagai persyaratan perjalanan serta mengisi e-HAC Indonesia,” sambungnya.

Diakhir aktivitas penerbangan pada pukul 15.00 WIB, dirincikan jumlah penumpang pesawat Bandara Tjilik Riwut berjumlah total 495 orang, terdiri dari 242 orang penumpang keberangkatan serta 253 orang penumpang kedatangan. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here