Palangka Raya Expos55.com Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah memusnahkan narkotika berupa sabu-sabu seberat 1,3 kilogram yang merupakan barang bukti 11 kasus yang berhasil diungkap pada akhir September sampai Desember 2021.

“Polda Kalteng tidak akan pernah surut dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkotika. Sabu yang dimusnahkan hari ini merupakan barang bukti yang kami tangani kasusnya,” kata Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto di Palangka Raya, Rabu.

Nanang mengatakan, pengungkapan kasus narkoba itu berasal dari empat wilayah yakni Kota Palangka Raya, sebanyak tiga kasus dengan empat orang tersangka dan barang bukti sabu sebanyak 745,55 gram.

Selain itu di Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak lima kasus dengan enam tersangka dan barang bukti sabu seberat 323,34 gram. Selanjutnya di Kabupaten Barito Utara dua kasus dua tersangka barang bukti sabu sebanyak 232,91 gram dan Seruyan satu kasus, satu tersangka dan barang buktinya 6,08 gram. Total keseluruhan 1.307,88 gram.

Dia menjelaskan, barang bukti sabu yang dimusnahkan itu berasal dari Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat yang sengaja dibawa melalui jalur darat ke perbatasan Kalbar dan Kalteng.

Usai melalui perbatasan antar provinsi tersebut, barang haram itu rencananya akan diedarkan di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan.

“Sedangkan masuknya sabu-sabu di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Barito Utara itu berasal dari Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang sengaja di suplai oleh para tersangka,” katanya.

Jenderal Polri berpangkat bintang dua itu juga menegaskan, para tersangka yang merupakan pengedar dan kurir itu akan dijerat dengan pasal berat yakni Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Ancaman hukumannya minimal lima tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara atau seumur hidup atau mati dengan denda Rp10 miliar.

“Apabila ada terlibat oknum polisi terkait narkoba, maka saya akan tindak tegas sesuai hukum yang berlaku apabila memang ada yang terlibat,” tegasnya.

Dalam kegiatan pemusnahan barang bukti hasil sitaan narkoba yang dilaksanakan di Halaman Barigas Mapolda setempat tersebut, turut hadir oleh Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, Kepala BNN Provinsi Kalteng Brigjen Pol Roy Hardi Siahaan, Kasi Narkoba Kejati Kalteng Wagiman dan sejumlah pejabat utama Polda Kalteng.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here