Kalsel Expos55.com Memasuki hari ketiga penerapan PPKM Level 4 di Kota Banjarmasin, Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, mengharapkan peringkat level ini segera turun.

Hal ini disampaikan oleh Safrizal saat melakukan kunjungan ke pos PPKM Pal 6 Banjarmasin, Rabu (28/7/2021).

“Kita berharap PPKM level IV ini tidak lama, harapannya kita bisa turun ke level I atau II,”ucapnya.

Ia menjelaskan tujuan dari pemberlakuan PPKM adalah untuk membatasi mobilitas masyarakat, yang diharapkan dapat menurunkan angka penularan.

Lebih lanjut menurutnya, apabila angka penularan menurun, rumah sakit tidak akan terbebani dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien.

Selain itu, pemberlakuan PPKM ini akan dievaluasi setiap 1 minggu sekali. Dan apabila positivity serta fatality rate menurun cepat, bukan tidak mungkin PPKM akan diakhiri sebelum tanggal 8 Agustus.

“Evaluasi akan dilakukan tanggal 1 Agustus 2021. Apabila kinerja kita bagus dan mampu mengendalikan serta menurunkan positivity serta fatality rate, maka bisa saja keputusan terkait PPKM dicabut sebelum tanggal 8 Agustus. Nanti dilihat kinerja kita semua dan kepatuhan dari masyarakat,” ujarnya.

Terkait bantuan, Safrizal sampaikan bantuan baik berupa beras maupun bantuan langsung tunai sudah dibagikan sejak beberapa hari yang lalu.

Untuk bantuan beras bekerja sama antara BULOG dan PT Pos Indonesia, sedangkan BLT akan dibagikan PT Pos Indonesia.

Safrizal juga ingatkan pihak penyalur  bantuan terkait untuk menggunakan data penerima bantuan yang valid dan tepat sasaran.

“Kita sudah minta BULOG, PT Pos dan Pemda untuk rapat menentukan data yang valid. Kalau ada yang miss atau belum dapat, nanti akan dibantu oleh Bansos Kabupaten:Kota atau Provinsi,” katanya.
(MC Kalsel/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here